Berantas Kemiskinan Ekstrem di Dumai, Syamsuar Serahkan 1.000 Paket Bantuan Idul Fitri


Rabu, 29 Maret 2023 - 00:34:44 WIB
Berantas Kemiskinan Ekstrem di Dumai, Syamsuar Serahkan 1.000 Paket Bantuan Idul Fitri

RIAUIN.COM- Gubernur Riau, H Syamsuar menyerahkan 1.000 paket bantuan Idul Fitri Tahun 1444 H kepada warga miskin ekstrem di Kota Dumai, Rabu (29/3/2023).  Bantuan tersebut diserahkan usai Shalat Tarawih berjamaan dalam kunjungan Safari Ramadhannya di Masjid Agung Habiburrahman Islamic Center, Jalan Brigjen HR Soebrantas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Usai melaksanakan salat Magrib, Isya, Tarawih dan Witir berjamaah, Gubernur menyerahkan bantuan kepada masyarakat, yakni bantuan program kemitraan PT Bank Riau Kepri Syariah kepada Pemprov Riau untuk Masjid Agung  Habiburrahman Islamic Center senilai Rp50.000.000.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur kepada pihak pengurus Masjid Habiburrahman Islamic Center. Pada kesempatan itu, juga diserahkan paket santunan Idul Fitri dari BAZNAS Provinsi Riau untuk 1.000 miskin ekstrem dengan nilai Rp 500.000.

Sesuai dengan arahan Presiden, kata Syamsuar, pemberian zakat tersebut diprioritaskan kepada masyarakat miskin ekstrem.

"Kemiskinan ektrem terkecil di Riau itu ada pada Dumai, arahkan bantuan ini dengan tepat sasaran, agar memberantas miskin ektrem," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan harapan tersebut diperlukannya juga pergerakan penguatan zakat dari Wali Kota Dumai dan Baznaz Kota Dumai agar masyarakatnya dapat memaksimalkan zakat yang dikeluarkan.

"Kami berharap, jika hal tersebut berhasil dilaksanakan, maka akan bisa memberantas miskin ekstrim yang ada di Dumai," katanya.

Selanjutnya, penyerahan santuan dari BPJS ketenagakerjaan meliputi santunan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp42.000.000 kepada Novianti selaku ahli waris Nazaruddin.

Kemudian, Santunan Jaminan Hari Tua kepada Yuslinda selaku ahli waris Syofian yang bekerja di PT.Wilmar sebesar Rp89.000.000. Santunan jaminan pensiun sebesar Rp6.432.000 juga santunan beasiswa untuk 2 orang anak sebesar Rp141.000.000.

Turut hadir Walikota Dumai, Paisal, Ketua Baznaz Riau, Masriadi Hazan, Perwakilan BRK Syariah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehitanan (LHK), Mamun Murod, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop UKM), Taufik OH, Kepala Inspektur Provinsi Riau, Sigit Juli Hendriawan.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdaprov Riau, Rahmad Rahmadiyanto, Kepala Bappedalitbang Riau, Emri Juli Harnis, Kepala Biro Adpim Setdaprov Riau, Aryadi, Kepala Bidang IKP Diskominfotik Provinsi Riau, Eriadi Fahmi. -rls