Soal Flexing dan Gaya Hedonis, KPK Bakal Panggil Sekdaprov Riau SF Hariyanto


Selasa, 28 Maret 2023 - 12:37:23 WIB
Soal Flexing dan Gaya Hedonis, KPK Bakal Panggil Sekdaprov Riau SF Hariyanto Sekdaprov Riau, SF Hariyanto/foto: Ferdian Eriandy

RIAUIN.COM - Perilaku Hedon dan Flexing oleh istri dan anak akhirnya menyeret Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto ke dalam pusaran masalah.

Informasi terbaru yang diperoleh dari pesan Barisan Muda Golkar Anti Korupsi menyebutkan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil dan memeriksa SF Hariyanto hari ini, Selasa ini (28/3/2023) sekira pukul 14.00 WIB.

Terkait informasi ini, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi media ini belum menjawab, pesan WhatsApp sudah terkirim dengan status centang dua abu-abu.

Sementara, SF Hariyanto ketika dikonfirmasi melalui panggilan WhatsApp belum berhasil dihubungi. Nomor ponsel yang biasa digunakan hingga saat ini tidak berdering dengan status hanya memanggil.

Seperti dikutip laman Kompas dot com, Ali Fikri menyebut pemeriksaan SF Hariyanto bakal dilakukan KPK sebagai buntut dugaan pamer kemewahan istri dan putri SF Hariyanto di media sosial.

Agendanya, KPK akan memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto.

"Kami nanti akan cek dulu tentunya terkait ini di Direktorat LHKPN, apakah kemudian ada kebutuhan untuk klarifikasi," kata Ali Fikri di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Dijelaskan Ali, KPK pertama-tama akan menurunkan tim untuk mengecek soal kabar tersebut dan memeriksa harta kekayaan yang bersangkutan secara faktual. Hasil pemeriksaan tim lapangan nantinya akan dicocokkan dengan LHKPN yang bersangkutan dan selanjutnya penyelenggara negara terkait akan dipanggil untuk diklarifikasi.

"Klarifikasi itu kan pasti dilakukan setelah kami melakukan pemeriksaan dulu. Pemeriksaan itu apa, Tim LHKPN ke lapangan mengecek harta kekayaan secara faktual, setelah kami memiliki data faktualnya baru kemudian kami undang untuk klarifikasi," ujarnya.

Viral sebelumnya, Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto beberapa kali menjadi sorotan warganet setelah mencuatnya video perayaan ulang tahun mewah putrinya di salah satu hotel mewah.

Tak hanya itu, istri SF Hariyanto dalam akun instagramnya juga gemar Flexing sejumlah tas mewah.

Video mewahnya pesta ulang tahun ke-17 putri Sekda Riau itu diunggah oleh akun Twitter @PartaiSocmed.

Terpisah, Anggota Komisi I DPRD Riau Fraksi PAN, Dr Mardianto Manan ST M menanggapi   perihal gaya hidup Hedon dan gemar Flexing SF Hariyanto. Menurutnya, hal ini sangat memalukan bagi Provinsi Riau yang identik dengan Budaya Melayu yang penuh kesederhanaan.

"Saya rasa ini perlu klarifikasi yang betul-betul jujur dan cepat, jangan dibantah sembarang bantah. Jangan disebut ini KW, apa iya?," kata Mardianto Manan di Ruang kerjanya, Senin (27/3/2023).

Dirinya sangat menyayangkan ada peristiwa ini yang menjadi viral di publik.

"Saya minta ke pemerintah Provinsi Riau, Gubernur ataupun Sekdanya mengklarifikasi ini, apa sebenarnya yang terjadi. Tapi jangan dia lakukan pembohongan diatas pembohongan lagi. Mari kita berkata jujur, kalau memang iya mungkin minta maaf atau mungkin keluarga diingatkan, mari kita sama-sama hidup dengan prihatin. Sekarang baru Corona, lalu kita Hedonis seperti itu kan sama dengan menampar muka masyarakat yang sekarang dalam kondisi susah," pesan Mardianto.

Secara pribadi, kata Mardianto, dia berharap Anggota DPRD Riau dapat memanggil SF Hariyanto untuk dapat mengklarifikasi dan menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi.

"Ada baiknya Dewan mendudukkan ini, memanggil dia supaya berita ini tidak melebar kemana-mana termasuk yang tak jelas yang nanti akan memalukan provinsi Riau," pungkasnya.-dnr