Cegah Flu Burung, Distanak Keswan Riau Kirim Disinfektan ke Peternak


Senin, 27 Maret 2023 - 19:15:55 WIB
Cegah Flu Burung, Distanak Keswan Riau Kirim Disinfektan ke Peternak

RIAUIN.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Distanak Keswan) Provinsi Riau mengirimkan disinfektan kepada para peternak unggas untuk mencegah flu burung.

Hal ini dilakukan Distanak Keswan Riau untuk mencegah penyebaran flu burung, pasca ditemukannya kasus ini di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, beberapa waktu lalu.

"Benar, positif flu burung (ratusan unggas mati mendadak di Kampar, red) dan sudah ditindaklanjuti. Kami memberikan disinfektan kepada peternak untuk pencegahan," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Distanak Keswan Provinsi Riau, drh Faralinda Sari, Senin (27/3/2023).

Distanak Keswan juga terus memonitor kasus flu burung, dan melakukan pencegahan agar tidak menular ke 11 kabupaten kota lainnya di Riau.

Ia juga mengimbau kepada seluruh peternak agar segera melapor apabila menemukan kasus unggas mati mendadak.

"Seluruh petugas kesehatan hewan di kabupaten kota sudah diinstruksikan untuk segera melaporkan, jika ada kematian unggas mendadak dan jumlahnya yang banyak ke integrated Sistem Informasi Kesehatan Nasional atau ISikhnas," imbaunya. (*)