Payung Mesjid Annur Pekanbaru Robek, Pekerja Sambung Pakai Perekat


Senin, 27 Maret 2023 - 13:09:18 WIB
Payung Mesjid Annur Pekanbaru Robek, Pekerja Sambung Pakai Perekat Payung Mesjid Annur yang rusak/foto:dnr

RIAUIN.COM - Dua dari enam payung elektrik di Mesjid Annur robek dan rusak parah paska hujan deras disertai es serta angin kencang yang menerjang Kota Pekanbaru dan sekitarnya pada Sabtu, (25/3/2023) sore kemarin.

Dari pantauan media ini di lokasi, salah satu dari enam payung senilai Rp42 miliar itu mengalami robek yang cukup lebar. Terpal atau kain payung itu terlihat menjulai ke bawah hingga menyentuh lantai.

Kenapa payung itu robek? Dari pantauan di lokasi proyek, bahan payung tersebut terlihat tipis sehingga tidak mampu menahan beban terpaan angin dan hujan.

Sejumlah pekerja yang berada di lokasi terlihat sedang memperbaiki dan menyambung terpal payung yang robek itu menggunakan perekat dan dibantu alat pemanas.

Ketua Harian Mesjid Annur, Zulhendri Rais membenarkan perihal kerusakan itu. Kata dia, ada dua payung yang patah paska hujan deras disertai es pada Sabtu kemarin.

"Cuma dengan kondisinya kemarin karena ada hujan badai dan hujan es di Pekanbaru dan ada dua payung yang patah. Tadi kita lihat orang-orang sudah mulai memperbaikinya. Kita berharap tetap nanti bisa kita pakai halaman mesjid ini untuk sholat Idul Fitri sebagaimana biasanya di tahun-tahun sebelumnya," kata Zulhendri Rais, Senin (27/3/2023).

Dijelaskannya, pada Kamis awal Ramadan kemarin, pengurus bersama Gubernur Riau telah mengecek kondisi pemasangan payung elektrik tersebut.

"Kamis awal puasa Ramadan bersama Gubernur kami lihat kondisinya sangat bagus waktu itu dan bahkan kita dari pengurus meminta untuk bisa dilaksanakan sholat Idul Fitri disana. Ketika itu orang proyek mengatakan Insha Allah karena kita melihat kondisi yang cukup bagus. Bagian bawah halaman mesjid sudah diberi marmer atau granit dan itu sudah cukup banyak yang terpasang," katanya.

Mengutip Cakaplah, Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Sugeng Pranoto mempertanyakan kualitas payung elektrik raksasa yang saat ini dibangun Pemerintah Provinsi Riau itu.

Menurutnya, dengan besaran anggaran yang mencapai Rp42 miliar tersebut, payung elektrik raksasa di Masjid Annur ini mestinya memiliki ketahanan yang sangat kuat.

"Katanya, terpalnya berkualitas, yang bisa bertahan dan tidak lapuk selama puluhan tahun, tapi kok ini bisa hancur ya," kata Sugeng Pranoto, Ahad (26/3/2023).-dnr