Terperangkap di Lubang, Anak Tapir Dievakuasi ke Kandang Transit


Jumat, 24 Maret 2023 - 10:51:27 WIB
Terperangkap di Lubang, Anak Tapir Dievakuasi ke Kandang Transit

RIAUIN.COM -   Seekor bayi tapir (Tapirus Indicus) telah dievakuasi dari Desa Gunung Melintang, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Bayi tapir ini dibawa ke kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I Riau, Andri Hansen Siregar menjelaskan pada Rabu, (22/3/2023) lalu, Balai Besar KSDA Riau menerima laporan dari petugas Balai TNTN tentang adanya anak tapir yang ditemukan oleh warga setempat dalam keadaan terperangkap di sebuah lubang.

"Menurut keterangan warga tersebut, diduga anak tapir ditinggal oleh induknya. Kemudian seorang warga bernama Tompul menyelamatkan dan membawa ke rumahnya untuk dirawat sementara. Setelah  seminggu merawat anak tapir tersebut, kemudian dilaporkan kepada petugas Balai TNTN yang meneruskan informasi tersebut ke Balai Besar KSDA Riau," kata Hansen, Jum'at (24/3/2023).

Sehari kemudian, petugas Balai Besar KSDA Riau bersama petugas Balai TNTN mengevakuasi anakan tapir dan membawanya ke Kandang Transit Satwa Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru untuk pemeriksaan medis oleh Tim medis Balai Besar KSDA Riau.

"Tapir berjenis kelamin betina, dengan usia sekitar 3 bulan, masih menyusui dan kondisi fisik agak kurus namun dalam keadaan sehat dan masih menunjukan tanda-tanda yang normal," jelas Hansen.

Kata dia, saat ini bayi tapir berada di kandang Transit untuk dirawat dan menjalani rehabilitasi secara intens oleh Tim medis sebelum dinyatakan layak untuk dilepasliarkan.

Andri Hansen mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Gunung Melintang atas upaya penyelamatan bayi tapir yang tertinggal sama induknya.-rls/dnr