Hari Ini Jipikor Laporkan Dugaan Honorer Siluman ke Kejari Kuansing


Selasa, 21 Maret 2023 - 17:00:17 WIB
Hari Ini Jipikor Laporkan Dugaan Honorer Siluman ke Kejari Kuansing Ketua Jipikor Tri Yusteng

RIAUIN.COM- Persoalan dugaan adanya honorer siluman di Setda Kuansing berbuntut panjang. Hari ini, Jaringan Investigasi Pemberantasan Korupsi (Jipikor) akan membuat laporan atas kasus tersebut ke Kejari Kuansing.

"Hari ini kami akan buat laporan ke Kejari untuk diusut tuntas,' kata Ketua Jipikor kepada Riauin.com melalui pesan singkat, Selasa (21/3)2023).

Laporan tersebut tidak hanya di Kejakasaan, tapi kasus tersebut juga akan dilaporkan pada hari ini ke Tipikor Polres Kuansing. "Dua laporan sekaligus. Kejari dan Polres Kuansing," tegasnya.

Tri Yusteng menilai, kasus honorer siluman itu patut diusut karena terindikasi ada dugaan perbuatan tindak pidana korupsi.

"Kita duga seperti itu, maka kami laporkan hari ini," terangnya.

Dugaan pegawai honorer siluman itu terungkap berawal dari keberanian Kasubag Rumah Tangga Setda Kuansing Selfi Keswita yang membeberkan adanya pegawai honorer tidak pernah masuk kantor namun tetap menerima gaji.

Selaku Kasubag di Setda Kuansing, Selfi mengaku tidak pernah melihat sekalipun Indah Dwiyana pegawai honorer yang telah bekerja sejak setahun yang lalu.

Usut punya usut, ternyata nama pegawai honorer tersebut merupakan anak dari kakak istri Sekda Kuansing.

Menurut Selfi, jika Indah Dwiyana pegawai honorer biasa, mestinya dia harus masuk kantor seperti honorer yang lain.

"Apakah karena dia bawaan sekda dia boleh tidak membawa lamaran ke saya sebagai PPTK. Apakah boleh tidak melapor. Tentu saja tidak. Semuanya ada prosedur," kata Selfi. -hen