Mulai Sore hingga Malam Nanti, Riau Diperkirakan Bakal Diguyur Hujan


Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:12:39 WIB
Mulai Sore hingga Malam Nanti, Riau Diperkirakan Bakal Diguyur Hujan

RIAUIN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau pada 18 Maret 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan bahwa masyarakat di Riau harus sedia payung jika akan bepergian nanti malam. Sebab, cuaca di Riau mulai sore hingga dini hari nanti diprakirakan hujan.

"Pagi sampai siang ini cerah berawan-berawan tanpa potensi hujan. Mulai hujan sore nanti hingga dini hari," kata Ahmad dikutip dari mediacenterriau.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sore hingga malam hari ini, Riau berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi tidak merata di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, dan Kota Dumai.

Lalu, pada dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi tidak merata di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir, Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Pekanbaru.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi tidak merata di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Rokan Hulu, dan Indragiri Hilir pada malam dan dini hari," imbaunya.

Sementara itu, untuk suhu udara berada diantara 23.0 – 33.0 °C, dengan kelembapan udara 55 – 95 % dan arah angin bertiup dari timur laut – tenggara demgan kecepatan 10 - 36 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m atau rendah," ungkapnya.

Sementara itu, titik panas atau hotspot yang terpantau di Sumatera sebanyak 35 titik. Yaitu, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau masing-masing 1 titik, Sumatera Selatan dan Jambi masing-masing 6 titik, Bengkulu 4 titik, Lampung 5 titik, Bangka Belitung 3 titik, dan Riau 8 titik.

"Ada 8 titik di Riau, yaitu Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir masing-masing 2 titik. Serta, Siak, Bengkalis, Pelalawan dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik," jelasnya. (*)