Sejumlah Harga Komoditi Perkebunan di Riau Pekan Ini Alami Kenaikan


Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:07:06 WIB
Sejumlah Harga Komoditi Perkebunan di Riau Pekan Ini Alami Kenaikan

RIAUIN.COM - Sejumlah komoditi perkebunan di Provinsi Riau pada pekan ini secara umum mengalami kenaikan harga, namun ada juga yang turun pada minggu kedua bulan Maret 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan, bahwa harga Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar), baik tingkat petani.

Selain itu, kenaikan harga juga terjadi di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota Provinsi Riau yang menjadi karet di tingkat petani/KUB Kabupaten Kampar Rp 9.550,- kg, harga minggu ini sama dengan harga minggu lalu.

Di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp 8.654,-/kg, harga minggu ini naik sebesar Rp 203 dari harga minggu lalu. Di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp 8.900,-/kg, harga minggu ini naik Rp100 dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk tingkat Apkarkusi Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp 9.925,-/kg, harga minggu ini naik sebesar Rp 47 dari harga minggu lalu.

Untuk di Kabupaten Indragiri Hulu, di tingkat UPPB Sumber Makmur harga Rp 8.000,-/kg sama dengan harga minggu lalu. Lalu, untuk tingkat Kelompok Tani Getah Tender Masjid Al- Ikhlas Pembinaan Bumdes Desa Petani Kabupaten Bengkalis harga minggu ini sebesar Rp 9.620,-/kg, harga minggu ini turun Rp 169 dari harga minggu lalu.

"Untuk harga bokar di tingkat pabrik (Gapkindo) KKK 100% untuk minggu ini sebesar Rp 18.400, harga minggu ini sama dengan harga minggu lalu," kata Defris, Sabtu (18/3/2023) dikutip dari mediacenterriau.

Dinas Perkebunan Provins Riau, sambungnya, selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar) sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga di tingkat petani menjadi meningkat.

Sementara itu, harga untuk produk komoditi perkebunan lainnya di Provinsi Riau, seperti kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, Kepulauan Meranti, Kabulaten Inhil untuk periode minggu ini sebesar Rp 2.863,-/kg dimana harga naik sebesar Rp 83 dari harga minggu lalu.

Harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp 5.300,-/kg harga minggu ini turun dari harga minggu lalu sebesar Rp 322.

"Tepung sagu basah sebesar Rp 2.300,-/kg di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti harga minggu ini sama dengan harga minggu lalu, dan pinang kering (100%) di Kabupaten Kampar. Lalu, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singing, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kab. Bengkalis sebesar Rp 7.667,-/kg harga minggu ini turun dari harga minggu lalu sebesar Rp 783,-/kg," tukasnya. (*)