Dikemas dalam Imsyakiah Ramadhan, Brosur Partai Golkar Masuk Sekolah di Inhu


Jumat, 17 Maret 2023 - 00:00:51 WIB
Dikemas dalam Imsyakiah Ramadhan, Brosur Partai Golkar Masuk Sekolah di Inhu

 

 

 

RIAUIN.COM  - Brosur Partai Golkar yang dikemas dalam bentuk imsyakiah Ramdhan 1444 hijriah tahun 2023 dengan memuat foto besar Yulisman dengan jabatan Ketua DPRD Riau, serta memuat logo Partai Golkar dan logo DPRD Riau serta pada bagian bawah bertulisan "Golkar Menang Pileg, Pilpres dan Pilkada". Bertebaran di lingkungan Sekolah Menengah Atas.

Diduga Brosur tersebut sebagai upaya mencari perhatian dan dukungan dari kalangan  pemilih pemula, para peserta didik SMA sederajat tersebut dipaksa mensosialisasikan di sekolahnya yang diduga didalangi oleh oknum kepala sekolah untuk menang di Pemilu 2024.

Seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Lubuk Batujaya Kabupaten Inhu, ribuan brosur partai Golkar yang dikemas dalam bentuk imsyakiah Ramdhan 1444 hijriah tahun 2023 di bagikan kepada para siswa sekolah tersebut.

Selain itu juga, pada pojok kiri imsyakiah yang disebarkan di SMA sederajat di Inhu tersebut, memuat foto kecil Syamsuar dengan jabatan ketua umum partai Golkar Riau dan foto Airlangga Hartanto memuat jabatan ketua umum DPP Partai Golkar.

Berbagai persoalan muncul atas aksi sosialisasi partai Golkar di SMA sederajat ini di Inhu, penyebaran brosur imsyakiah politik yang memuat pejabat politik di SMA sederajat, dinilai mencuri star sosialisasi dan kampanye partai politik di Kabupaten Inhu.

Seperti yang disampaikan Ketua  DPD Partai Umat Kabupaten Inhu, Hermansyah SE, mengatahkan ,sosialisasi menggunakan alat peraga kampanye partai Golkar masuk ke SMA sederajat di Kabupaten Inhu sudah merusak dunia pendidikan, selain itu juga sudah melakukan obok obok kepala sekolah dan merusak secara masif karakter siswa.

Hermansyah menilai, sudah tidak zamanyan lagi politik kotor seperti yang dilakukan partai Golkar di era moderen ini, dilakukan di Kabupaten Inhu, dimana terlihat jelas kalau kepala sekolah dilibatkan politik praktis.

"Dengan sistim kekuasaan dan cara menakut nakutin kepala sekolah, seluruh SMA sederajat di Inhu mensosialisasikan partai Golkar," ujar Hermansyah kepada sejumlah wartawan di Pematang Reba, Jumat (17/3/2023).

Terkait beredarnya kabar tentang dunia pendidikan khususnya SMA sederajat di Kabupaten Inhu, dilibatkannya kepala sekolah berpolitik secara praktis, maka Banwaslu diharapkan bisa melihatkan taringnya. Di mana Bawaslu sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengawasan terhadap proses dan tahapan pemilu.

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala SMK Negeri Lubuk Batujaya Eva Devianti belum berhasil dihubungi terkait adanya kabar kalau, seluruh peserta didik SMK Negeri Lubuk Batu Jaya dilibatkan sebagai alat politik untuk menyebarkan imsyakiah Ramadhan 1444 H milik Partai Golkar.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Inhu Arsyadi saat dikonfirmasi wartawan via  whatshap mengatahkan, belum mengetahui adanya penyebaran brosur Partai Golkar ke sekolah tersebut.

"Kami tidak pernah mengintruksikan pengurus partai untuk menyebarkan brosur partai Golkar ke sekolah, brosur itu kita kasih ke pengurus partai dan kader partai," ucap Arsyadi dan mengatahkan akan mendalami persoalan ini.

Lebih lanjut Arsyadi, lagi berupaya mengkonfirmasi pihak sekolah terkait adanya penyebaran brosur tersebut kepada siswa sekolah. -gus