Senin Depan DPRD Riau Panggil Manajemen PHR, Bila Tak Datang Bakal Bentuk Pansus


Jumat, 17 Maret 2023 - 19:24:36 WIB
Senin Depan DPRD Riau Panggil Manajemen PHR, Bila Tak Datang Bakal Bentuk Pansus

RIAUIN.COM - Penyelesaian kasus kecelakaan kerja di lingkungan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sampai kini belum ada kejelasan. Senin (20/3/2023) depan, DPRD Riau menjadwalkan pemanggilan manajemen PHR, yang seharusnya dihadiri langsung oleh Direktur PT PHR, Jafee A Suardin.

"Hari Senin kita akan kembali memanggil PHR terkait kecelakaan kerja yang menewaskan sebelas nyawa tersebut," kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau Karmila Sari, Jumat (17/3/2023).

Ia menyebut, sampai saat ini belum ada penjelasan bagaimana Health, Safety, and Environment (HSE) di sana. Ia menyatakan, saat proses pertolongan korban dilakukan secara manual.

DPRD Riau menilai, kondisi seperti ini disinyalir karena tidak adanya profesionalitas vendor-vendor terhadap pekerja.

"Ini yang menjadi sorotan penilaian kita dari orang-orang yang dipekerjakan di PHR," kata dia dikutip dari cakaplah.

Politisi Partai Golkar ini juga menyebut, saat rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar beberapa kali sebelumnya, Direktur PT PHR, Jafee A Suardin tidak pernah hadir. Jika besok tidak datang lagi, DPRD Riau akan langsung membentuk Panitia Khusus untuk mengevaluasi PT PHR.

"Jika nanti beliau kembali tidak hadir, berarti perhatiannya terhadap sebelas nyawa ini kurang. Dirut itu secara komprehensif harus mengetahui bagaimana SOP di lapangan, apalagi ini terkait nyawa manusia," kata dia.

Ia membandingkan, sebelum dikelola oleh PT PHR kejadian seperti itu juga minim terjadi.

"Kalau kita bandingkan dengan perusahaan sebelumnya, ini sangat jauh sekali minimnya," kata dia. (*)