Belum Ada Kenaikan Signifikan, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Stabil


Rabu, 15 Maret 2023 - 10:29:20 WIB
Belum Ada Kenaikan Signifikan, Harga Kebutuhan Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Stabil Ilustrasi

RIAUIN.COM - Satu pekan jelang Ramadan harga kebutuhan pokok di Kota Pekanbaru cenderung masih stabil. Belum ada kenaikan signifikan.

"Harga bahan pangan masih stabil jelang Ramadan. Paling cuma satu bahan pokok yang sedikit naik yaitu bawang putih," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Rabu (14/3/2023).

Ia mengatakan memang banyak pasokan bahan pangan datang dari luar Kota Pekanbaru. Karena memang Pekanbaru bukan daerah penghasil. Ia menyontohkan kebutuhan cabai merah saja di Pekanbaru mencapai 20 ton per hari.

"Sementara kemampuan kita untuk menyediakan dari dalam sendiri itu tidak cukup," ucapnya.

Dikatakan Ami, sapaan akrabnya, untuk pasokan cabai merah di Pekanbaru hanya bisa memenuhi sepuluh persen kebutuhan cabai merah. Pasokan cabai merah lainnya dari sejumlah daerah seperti Aceh, Sumatera Barat dan Medan.

Lanjut Ami, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi sebanyak lima komoditas yang bergejolak jelang Ramadhan. Komoditas tersebut yakni cabai, bawang, ayam, telur dan daging sapi.

"Kelima komoditi ini bakal menjadi perhatian dalam menjaga gejolak harga bahan pangan dan ketersediaan bahan pangan tersebut," sebutnya.

"Kita bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru bakal menjaga ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga. Dua kali sepekan kita mengawasi harga bahan pokok," imbuhnya. (*)