Mobnas Wabup Siak Kecelakaan di Lubuk Dalam, Kapolres: Diduga Akibat Kelalaian


Rabu, 08 Maret 2023 - 23:18:14 WIB
Mobnas Wabup Siak Kecelakaan di Lubuk Dalam, Kapolres: Diduga Akibat Kelalaian Ronald Sumaja.

RIAUIN.COM - Kecelakaan mobil dinas Wakil Bupati Siak Husni Mirza di Jalan Lintas Pertamina Simpang Eva di Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (8/3/2023) pagi, diduga akibat kelalaian pengemudi. Namun, proses hukum tidak dilanjutkan karena kedua belah pihak sudah berdamai.

Demikian disampaikan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja saat dihubungi Riauin.com, Rabu malam.

"Kecelakaan (mobnas Wabup Siak) itu karena kelalaian dan kurang hati-hatinya  pengemudi Mobil Toyota Fortuner BM 1791 NK. Tidak menjaga jarak iring dengan kendaraan yang berada di depannya. Korban jiwa dan luka tidak ada, yang bersangkutan sudah berdamai," kata Ronald.

Kapolres menceritakan kronologis kecelakaan lalu lintas antara mobil Toyota Fortuner BM 1791 NK (mobil dinas Wabup Siak) dengan mobil truk box BM 9386 XB.

Kejadian berawal saat mobil truk box B 9386 XB datang dari arah KM 11 menuju Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Sesampai di tempat kejadian perkara (TKP), saat jalan menurun,  sopir truk atas nama Andi mengurangi kecepatan dan berhenti di badan jalan. Sebab, ada mobil trailer B 9686 VWX dari arah berlawanan melebar ke badan jalan sebelah kanan.

Kemudian, dari arah belakang truk box datang mobil dinas Wabup Siak jenis Toyota Fortuner BM 1791 NK. Karena jarak sudah dekat maka terjadi kecelakaan, dimana mobil dinas Wabup Siak menabrak bagian belakang truk box B 9386 XB yang  berhenti di badan jalan.

"Tidak ada korban jiwa, semua penumpang selamat. Kerugian sekitar Rp 7 juta. Ini karena human eror," jelasnya.

Berdasarkan penjelasan Wabup Siak Husni Merza melalui video berdurasi 2,29 menit, dia membenarkan kejadian yang dialaminya. Di dalam mobil, Husni bersama tiga orang stafnya.

"Pagi tadi dalam perjalanan saya bersama sopir, ajudan dan staf protokol, berangkat dari Siak menuju Lubuk Dalam untuk menghadiri acara peresmian rumah layak huni dari Baznas Siak. Menjelang masuk ke lokasi tempat acara, di KM 11 sebelum Simpang Eva terjadi sedikit insiden," kata Husni.

Dia menjelaskan, awalnya mobil berada di belakang truk box, tiba-tiba sebuah trailer mendadak menyalip dari arah berlawanan dan mengerem secara mendadak. Sopir kaget dan terjadi tabrakan.

"Sopir saya tak sempat ngerem dan terjadi tabrakan, mobil terlihat cukup parah. Saya berada di kursi belakang, di depan ada sopir dan ajudan. Saya di belakang bersama staf forkopim, kami semuanya dalam kondisi sehat. Tidak ada satupun mengalami luka berat atau ringan," jelas Husni.

Usai kejadian, mobil tersebut diderek ke Pekanbaru untuk diperbaiki. Kemudian, Husni dijemput dengan mobil Pemkab Siak menuju lokasi acara di Kampung Empang Pandan, Kecamatan Lubuk Dalam.

"Setelah kejadian saya masih tetap melakukan kegiatan, meresmikan rumah layak huni. Alhamdulillah, kondisi saya sehat walafiat," pungkasnya.(*)