Diduga Terpapar Flu Burung, Ratusan Ayam di Koto Kampar Mati


Rabu, 08 Maret 2023 - 09:05:27 WIB
Diduga Terpapar Flu Burung, Ratusan Ayam di Koto Kampar Mati Ilustrasi/foto:internet

RIAUIN.COM - Ratusan ekor ayam di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar mendadak mati. Ratusan ekor ayam tersebut diduga terpapar virus flu burung.

Menyikapi kejadian ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Riau mengirimkan sampel ayam tersebut ke Balai Veteriner (BVET) Bukittinggi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Faralinda Sari mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya ayam yang mati mendadak di Kampar tersebut pada 1 Maret lalu. Lalu, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk mengecek dan mengambil sampel.

"Kami mendapat laporan adanya ayam yang mati mendadak yakni jenis ayam kampung dan itik pada 1 Maret. Kemudian langsung ditindaklanjuti dengan mengirim tim kesehatan hewan dan laboratorium veteriner DPKH Riau untuk mengambil sampel," katanya.

Masih kata Faralinda, sampel yang diambil kemudian dibawa ke laboratorium Balai Veteriner Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar).

"Kami masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium BVET Bukittinggi untuk memastikan apakah unggas tersebut mati akibat flu burung atau tidak," ujarnya.-dnr/mcr