Komisi V DPRD Riau Pertanyakan Mutasi Massal Kepsek SMA dan SMK


Rabu, 01 Maret 2023 - 21:07:49 WIB
Komisi V DPRD Riau Pertanyakan Mutasi Massal Kepsek SMA dan SMK Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin Hutagalung. | Foto : Dok

RIAUIN.COM- Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin Hutagalung mempertanyakan kebijakan Kepala Dinas Pendidikan provinsi Riau, M Job Kurniawan yang memutasi dan menonjobkan sebanyak 188 kepala sekolah jenjang SMA dan SMK se Riau, belum lama ini. Akibat kebijakan tanpa berpedoman pada Permendikbud Ristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepsek, Kadisdik terancam disomasi.  

Menjawab wartawan, Rabu (1/3/2023) Robin berjanji akan menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut. Menurut dia, pihaknya akan mempertanyakan masalah mutasi nonjob Kepsek tersebut kepada Kadisdik.

"Sebenarnya kita memang ada agenda RDP dengan Disdik pada Februari kemarin. Tapi karena Kadisdiknya sedang umroh, dan kami pun di awal Maret ini akan reses, jadi kita tunda dulu," kata Robin.

Salah satu yang akan pertanyakan pada RDP nanti adalah kesimpangsiuran mutasi non job 188 Kepsek SMA/SMK. Disamping itu juga akan membahas evaluasi kegiatan PPDB yang sebentar memasuki tahun ajaran baru.

"Soal kapan, nanti dibahas di rapat Komisi,” ujarnya.

Seperti diketahui, 188 Kepsek yang khawatir masa depan pendidikan di Riau akan rusak akibat kebijakan tersebut berencana melakukan somasi kepada Kepala Disdik Riau M Job Kurniawan.

Informasi yang diterima Riauin di lapangan, jika somasi ini tak juga digubris oleh Kadisdik Riau, lanjutnya akan ada pengunduran massal para Kepsek.  -vie