Ramai Daftar Bacaleg, Parisman Ikhwan : Bapilu Golkar Masih Lakukan Proses Penjaringan


Rabu, 01 Maret 2023 - 18:46:26 WIB
Ramai Daftar Bacaleg, Parisman Ikhwan : Bapilu Golkar Masih Lakukan Proses Penjaringan Kader Partai Golongan Karya, Parisman Ikhwan, Rabu (1/3/2023) . | Foto : int

RIAUIN.COM- Kader Partai Golongan Karya, Parisman Ikhwan, Rabu (1/3/2023) menyebutkan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) partai berlambang pohon beringin ini masih melakukan proses penjaringan bakan calon legislatif (bacaleg) yang akan dimajukan pada Pemilu 2024 mendatang. Bapilu Partai Golkar harus lebih selektif dalam penjaringan karena ramai yang mendaftar sebagai untuk masuk sebagai bacaleg dipartai ini.  

Sekretaris Fraksi Golkar itu mencontohkan, untuk dapil 1 Pekanbaru saja yang mendaftar sudah lebih dari 25 orang, sedangkan kursi yang diperebutkan di DPRD Riau hanya 9 kursi. Dikatakannya, sejak awal penjaringan sudah 200 orang yang mendaftar dan terus diseleksi hingga kini sudah berkurang menjadi 150 orang yang terjaring dan ini akan terus dilakukan penjaringan dengan melihat berbagai pertimbangan dan persyaratan.

Golkar akan memajukan kader-kader terbaiknya untuk maju dikontestasi Pemilu 2024. Dapil Pekanbaru, menargetkan dapat meraih 3 kursi di DPRD Riau.

"Pemilu 2019 kemarin Golkar dapat 2 kursi dari dapil Pekanbaru. Di Pemilu 2024 nanti target bisa 3 kursi, minimal 2 kursi," kata Ketua Komisi IV DPRD Riau itu.

Dalam menjaringan bacaleg, lanjut dia Golkar tidak memungut biaya apapun kepada bacaleg. Namun untuk memastikan kesiapan bacaleg, panitia Bapilu akan mempertanyakan dan melihat kesiapan logistik dari caleg tersebut.

“Misalnya caleg dari dapil kota Pekanbaru. Berapa banyak kesiapan dia seperti umbul-umbul, bendera, baleho, spanduk dan lain-lain,” katanya.

Terkait pelaksanaan Pilkada walikota Pekanbaru yang akan dilaksanakan Juni 2024 mendatang, Iwan mengatakan Golkar siap mendukung kader terbaik partai hasil seleksi yang telah diputuskan partainya nanti. Iwan pun mengaku siap 100 % jika partainya mengamanatkan dirinya maju di Pilwako mendatang.

“Khusus Pilwako Insyaa Allah sedang berjalan dan saya sedang bekerja. Kalau Partai Golkar pasti akan mencari dan mendorong kader-kader terbaiknya. Dan sesuai hasil survei yang dilakukan Partai Golkar,” ucapnya.

Disinggung dirinya ramai disebut-sebut akan maju sebagai calon walikota Pekanbaru dari Partai Golkar, Iwan mengatakan dia tidak pernah mendeklarasikan diri untuk maju di Pilwako. Hanya saja masyarakat yang kerap mengatakan dukungan mereka.

"Kalau saya siap. Yang saya lakukan bekerja, bekerja dan bekerja, bersilaturrahmi yang banyak, dan berbuat dengan ikhlas,” kata Iwan.

Sementara itu, disinggung mengenai Pilgubri Iwan menyebutkan sesuai hasil Musda Partai Golkar, Syamsuar diminta maju untuk 2 periode meski isu kinerja Gubri yang dihembuskan salah seorang pengamat hanyalah sepihak dan tak punya data.

"Selama menjabat gubernur banyak yang sudah dilakukan Syamsuar, termasuk pembangunan jalan baru. Kalau enggak salah saya untuk pembangunan setiap tahun penambahan jalan ataupun gedung-gedung baru. Hampir 100 km pembangunan jalan baru dan termasuk memperbaiki kondisi jalan yang kini rusak akibat ODOL (kendaraan berat, red),” ujarnya. -vie