Seluruh Kades dan Tokoh Masyarakat Hulu Kuantan Sepakat Dukung Pemekaran DOB Kuantan Hulu


Rabu, 01 Maret 2023 - 14:26:17 WIB
Seluruh Kades dan Tokoh Masyarakat Hulu Kuantan Sepakat Dukung Pemekaran DOB Kuantan Hulu Peserta Pra Mubes Hulu Kuantan

RIAUIN.COM- Seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing sepakat mendukung rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Kabupaten Kuantan Hulu.

Selain para kepala desa, seluruh tokoh masyarakat serta Ninik Mamak adat setempat juga telah menyatakan mufakat pisah dari Kabupaten Kuantan Singingi, dengan alasan pemerataan pembangunan.

Saking semangatnya, bahkan masyarakat Hulu Kuantan tidak memberikan syarat apa apa yang penting Kabupaten Kuantan Hulu harus berdiri. Dan tidak hanya sekedar 'lagu' menjelang Pemilu.

Demi kemajuan, kami mendukung penuh,' kata Datuk Songgo Syafrudin saat acara pra Mubes Kabupaten Kuantan Hulu tadi pagi, di Aula Kantor Camat Hulu Kuantan.

Untuk mendorong beririnya Kabupaten Kuantan Hulu, segenap tokoh masyarakat bahkan bersepakat untuk memecah Kecamatan Hulu Kuantan menjadi dua kecamatan. Yakni Kecamatan Hulu Kuantan Seberang.

Kecamatan Hulu Kuantan yang kini meliputi Desa Koto Kombu, Desa Mudik Ulo, Desa Tanjung Medang, Desa Sumpu, Desa Inuman dan Desa Serosa bakal dipecah lagi menjadi 10 desa.

Hal ini sesuai dengan keluhan yang disampaikan oleh Kepala Desa Serosa saat pra Mubes tadi pagi. Dimana, masyarakat Desa Serosa ingin bergabung dengan Kecamatan Kuantan Tengah karena jarak rentang dengan ibukota Kecamatan Hulu Kuantan cukup jauh.

"Kami memilih gabung dengan Kecamatan Kuantan Tengah. Jarak kami terlalu jauh dari ibukota kecamatan," kata Kades Serosa.

Namun, jika Kecamatan Hulu Kuantan Seberang berdiri, maka jarak rentang masyarakat Desa Serosa ke kawasan ibukota kecamatan akan menjadi pendek, dengan estimasi ibukota berada di pertengahan wilayah yakni Desa Mudik Ulo.

Pun merasa wajar masyarakat dibeberapa desa tersebut ingin mendirikan kecamatan Hulu Kuantan Seberang, karena desa desa yang berada dalam kawasan itu sangat jarang tersentuh pembangunan pemerintah

Masyarakat merasa di anaktirikan soal pembangunan. Contohnya, sampai detik ini, jalan poros utama Desa Mudik Ulo masih jalan merah berlumpur.

Fenomena ini sangat ironis, karena Desa Mudik Ulo merupakan tanah kelahiran tokoh pendiri Provinsi Riau Buya Maarifat Mardjani. Mestinya pemerintah memberikan penghargaan terhadap desa tersebut dengan menggelontorkan anggaran pembangunan, terutama infrastruktur jalan.

Tapi faktanya, sejumlah desa yang berada diwilayah seberang Hulu Kuantan terbelakang dan jauh dari sentuhan pembagunan.

Hadir dalam kegiatan pra Mubes tadi pagi, Plt. Camat Hulu Kuantan, 
Sekcam Hulu Kuantan, Datuk Songgo IV Koto Lubuk Ambacang dan seluruh Kades, Tokoh Masyarakat serta Ninik Mamak

Sementara dari Tim Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu dihadiri oleh Arman Lingga Wisnu, SE, Drs. Joyosman, MM, serta Alexander B. Eng., M. Eg.

Rapat diputuskan dengan kesepakatan dan mufakat untuk mendukung penuh DOB Kabupaten Kuantan Hulu. -hen