Gelontorkan Rp3 Miliar, PT RAPP Bangun Pelebaran Jalan Lingkar dan Pos Lantas di Pelalawan


Senin, 27 Februari 2023 - 08:39:04 WIB
Gelontorkan Rp3 Miliar, PT RAPP Bangun Pelebaran Jalan Lingkar dan Pos Lantas di Pelalawan Direktur PT RAPP, Mulia Nauli menandatangani berita acara penyerahan bantuan dana Rp3 miliar untuk pembangunan pelebaran jalan lingkar dan Pos Lantas disakiskan Bupati Pelalawan, H Zukri di Pelalawan, Kamis (23/2/2023). | Foto Hms RAPP

RIAUIN.COM- PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), grup APRIL melakukan serah terima peningkatan dan pelebaran Jalan Lingkar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Kamis (23/2/2023).

Jalan itu dibangun sepanjang 350 meter dengan dana mencapai Rp3 miliar oleh  PT RAPP pada tahun 2022 lalu. Usai rampung dikerjakan, jalan tersebut langsung dihibahkan ke Pemkab Pelalawan untuk menjadi aset daerah.

Diharapkan, keberadaan jalan ini tak hanya mengurai kemacetan, tapi juga memberi sumbangsih besar untuk mobilitas warga Pelalawan dan bisa mendongkrak perekonomian daerah.

Bupati Pelalawan, H Zukri menerima langsung aset itu dari Direktur PT RAPP Mulia Nauli disaksikan Forkopimda dan para tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Direktur PT RAPP, Mulia Nauli menyampaikan akses Jalan Lingkar Timur telah selesai dibangun menjadi dua jalur sepanjang 350 meter. Program pembangunan strategis ini merupakan bentuk dukungan perusahaan bagian dari grup APRIL kepada Pemkab Pelalawan.

"Perusahaan berkomitmen akan terus mendukung program Pemkab untuk mewujudkan visi misi daerah. Total dana yang digelontorkan PT RAPP dalam membangun jalan rigid ini mencapai Rp 3 miliar," tutur Mulia Nauli.

Lanjut Mulia Nauli, masukan dari Bupati Pelalawan agar memindahkan Pos 2  PT RAPP yang ada di Jalan Lintas Timur (Jalintim) dekat perempatan lampu merah Simpang Langgam, juga telah disetujui manajemen perusahaan.

"Mudah-mudahan Bulan April nanti Pos 2 di Jalan Lintas sudah bisa ditutup dan dipindahkan ke Pos 2 yang di Jalan Lingkar," tambah Mulia Nauli.

Selain membangun peningkatan dan pelebaran jalan, PT RAPP juga mendirikan satu pos lantas Simpang Langgam di perempatan lampu merah. Bangunan itu diserahkan kepada Polres Pelalawan untuk segera difungsikan dalam mengatur lalu lintas di Pangkalan Kerinci.

"Untuk Pos Lantas sekarang sedang finishing, nanti akan koordinasi dengan Kapolres kapan akan difungsikan secepatnya," katanya.

Bupati Pelalawan H Zukri dalam arahannya menyebutkan jauh sebelum jalan lingkar ditata menjadi dua jalur dengan peningkatan dan pelebaran, di sepanjang jalan ini banyak bangunan liar. Hal itu menjadi penyumbang kemacetan di simpang lampu merah Langgam.

Kemudian Pemkab berkoordinasi dengan PT RAPP agar segera meningkatkan akses jalan dan berkomunikasi dengan masyarakat secara baik yang mendiami bangunan liar agar pindah ke tempat yang lain.

"Alhamdulillah masyarakat sangat proaktif, mau mendengarkan pemerintah dan hari ini bangunan selesai sehingga bisa diserahterimakan serta sudah bisa dibuka untuk masyarakat umum," kata Bupati Zukri.

Atas nama pemerintah sangat mengapresiasi PT RAPP atas kerjasama dan kesediaannya memikirkan solusi demi kemajuan pembangunan Kabupaten Pelalawan.

"Kami berterimakasih atas komitmen PT RAPP untuk satu visi dengan Pemkab, agar Kota Pangkalan Kerinci harus bisa menjadi pusat peradaban baru di Provinsi Riau dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat," pungkasnya.