Insiden Gas Sulfur di PT RAPP, Disnakertrans Lakukan Investigasi


Senin, 20 Februari 2023 - 11:07:30 WIB
Insiden Gas Sulfur di PT RAPP, Disnakertrans Lakukan Investigasi Ilustrasi/foto:via instagram

RIAUIN.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau telah menurunkan tim investigasi untuk menyelidiki dugaan kebocoran gas belerang (sulfur) di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau, Minggu (19/2/2023).

Dalam insiden itu, puluhan karyawan diduga keracunan akibat menghirup asap cerobong zat kimia belerang dan dirujuk ke balai pengobatan milik RAPP dan Rumah Sakit Efarina. Mereka mengalami pusing-pusing akibat aroma gas yang sangat pedih di tenggorokan hingga sampai mual-mual.

Kabid Pengawasan Disnakertrans Riau, Rival Lino mengatakan, keracunan itu disebabkan bukan karena kebocoran gas sebagaimana diberitakan. Namun, adanya startup mesin baru yang mengeluarkan asap dari cerobongnya.

"Asap itu terbawa angin dari cerobongnya untuk pembakaran sulfur, maka terpapar ke karyawan kontraktor," ujar Rival Lino, Senin (20/2/2023).

Rival mengungkapkan, sebelumnya pihak PT RAPP sudah memberitahukan kepada pihak kontraktor agar tidak bekerja pada hari Minggu terkait adanya startup ini.

"Namun kontraktor tetap melakukan pekerjaan. Pengawas Ketenagakerjaan kemarin dan hari ini masih melakukan investigasi untuk menanyakan para pihak seperti apa kenapa ini bisa terjadi," jelas Rival.

Saat ini Pengawas masil melakukan investigasi agar bisa mengungkap kejelasan dari peristiwa tersebut. Dari investigasi awal, sebut Rival, para pihak memang sudah mengakui bahwa peristiwa itu bukan kebocoran gas, tapi merupakan proses pembakaran.

Dalam peristiwa itu, Rival menyebut tidak terdapat korban jiwa, namun ada satu karyawan yang mengalami sesak nafas dan sudah dirawat di RS Efarina.

"Tidak ada korban yang signifikan, ada satu orang saja yang sesak nafas dan sudah dibawa ke RS Efarina dan alhamdulillah  sudah kembali ke rumah dan melakukan aktifitas seperti biasanya," pungkas Rival.

Seperti diketahui beredar Informasi dari petugas Safety Man PT MSM, Dicky Anggara. Disebut kalau kejadian berlangsung di BM#1, IRS, Folio Shieter dan APW pada Minggu pagi tadi. Saat itu karyawan MSM sedang melakukan aktifitas Tool Box Meeting (TBM), tiba tiba mereka merasakan aroma bau yang tidak sedap.-dnr