KPU Riau Pantau Coklit di Daerah Perbatasan


Sabtu, 18 Februari 2023 - 16:48:04 WIB
KPU Riau Pantau Coklit di Daerah Perbatasan Komisi Pemilihan Umum Riau bersama KPU Kota Pekanbaru memantau pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kepada beberapa warga yang tinggal di daerah perbatasan Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar pada Jumat (17/2/2023). | Foto : hms

RIAUIN.COM- Komisi Pemilihan Umum Riau bersama KPU Kota Pekanbaru memantau pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kepada beberapa warga yang tinggal di daerah perbatasan Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar pada Jumat (17/2/2023) kemarin.

Tampak anggota KPU Riau, Abdul Rahman dan Nugroho Noto Susanto mewakili KPU Riau turun ke lapangan. Ikut dalam rombongan anggota KPU Kota Pekanbaru, anggota KPU Kabupaten Kampar, Bawaslu Kota Pekanbaru dan Bawaslu Kabupaten Kampar melakukan pemantauan pelaksanaan Coklit di dua lokasi perbatasan tersebut.

Coklit pertama di perbatasan Kota Pekanbaru Kecamatan Tuah Madani, Kelurahan Sidomulyo Barat dengan Kabupaten Kampar, Kecamatan Siak Hulu Desa Kubang Jaya. Coklit dilaksanakan di rumah ketua RW 11 oleh Pantarlih TPS 022 Kelurahan Sidomulyo Barat dan juga dihadiri PPK dan Panwascam Tuah Madani dan Siak Hulu, PPS Sidomulyo Barat dan PPS Kubang Jaya serta disaksikan juga oleh camat, lurah dan perwakilan Polsek setempat.

Lokasi Coklit kedua yaitu perbatasan Pekanbaru Kecamatan Tuah Madani, Kelurahan Sialang Munggu dengan Kabupaten Kampar, Kecamatan Tambang, Desa Tarai Bangun. Coklit dilaksanakan di rumah ketua RW 26. Coklit ini dihadiri juga  PPK dan Panwascam Tuah Madani  dan Tambang serta PPS Sialang Munggu dan Tarai Bangun serta disaksikan camat, lurah dan perwakilan Polsek setempat.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Abdul Rahman mengungkapkan, pemantauan pelaksanaa Coklit ini dilakukan untuk memetakan potensi-potensi kegandaan data pemilih dan potensi penduduk yang belum terdaftar.

“Coklit merupakan tahapan penting dan sangat menentukan karena terkait hak politik warga. KPU Riau mengambil sampel pelaksanaan Coklit di beberapa daerah perbatasan ini tujuannnya adalah untuk memetakan potensi-potensi kegandaan data pemilih dan potensi penduduk yang belum terdaftar pada kedua daerah,” ujar Rahman.

Sementara itu, Nugroho mengatakan pemantauan Coklit daerah perbatasan ini sangat penting untuk memastikan tidak ada warga yang mempunyai hak pilih luput dari pendataan.

“Pemantauan Coklit daerah perbatasan ini sangat penting untuk memastikan tidak ada warga yang mempunyai hak pilih luput dari pendataan. Sengaja kami melakukan pemantauan pelaksanaan Coklit di daerah perbatasan ini karena daerah perbatasan rawan terjadinya konflik, terutama dalam hal daftar pemilih,” ucap Nugroho.