Tahun Ini Unri Siap Tampung 6.530 Mahasiswa Baru, Ini Jalur Seleksinya


Kamis, 09 Februari 2023 - 12:06:33 WIB
Tahun Ini Unri Siap Tampung 6.530 Mahasiswa Baru, Ini Jalur Seleksinya Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unri, Dr Rahman Karmila/foto:dnr

RIAUIN.COM - Universitas Riau (Unri) tahun ajaran 2023 ini akan menerima 6530 mahasiswa baru pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) melalui tiga jalur penerimaan yang dibuka pada Bulan Maret mendatang.

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unri, Dr Rahman Karmila, ketiga jalur penerimaan itu yakni melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri.

"Kuota penerimaan mahasiswa Unri pada tahun 2023 ini akan menerima 6530 mahasiswa baru yang terdiri dari 1.959 mahasiswa jalur SNBP, 2.612 mahasiswa jalur SNBT dan 1.959 mahasiswa jalur Mandiri," ujar Rahman kepada wartawan saat konferensi pers informasi rangkaian penerimaan mahasiswa baru Unri, Kamis (9/2/2023).

Dijelaskan Rahman, secara nasional, tiga jalur masuk Perguruan Tinggi itu tersebut memiliki jumlah kuota yang telah ditetapkan Kemendikbud Ristek. Jalur SNBP memiliki kuota minimal 20 persen, sementara Unri memakai maksimal 30 persen.

"Jalur SNBT kuota minimumnya 40 persen dan Unri memakai 40 persen juga. Kriterianya berdasarkan nilai UTBK ditambah fortofolio untuk prodi-prodi tertentu. Sementara Jalur Mandiri kuotanya secara nasional maksimal 30 persen," jelasnya

Khusus jalur Mandiri, dari kuot 30 persen tersebut dibagi lagi menjadi tiga kelompok lainnya, yakni kelompok Penelusuran Bibit Unggul Daerah/ Penelurusan Bakat dan Minat Universitas Riau (PBUD/PBM), Jalur seleksi mandiri masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di wilayah barat Indonesia.  (SNMPTN Barat) dan jalur Kerjasama.

"Kuota PBUD atau PBM 15 persen, jalur SNMPTN Barat 15 persen dan jalur Kerjasama (FK, FKp, dan FT) 10 persen," paparnya.

Ada beberapa prodi yang menjadi favorit calon mahasiswa yang mendaftar di Unri diantaranya, Kedokteran, Teknik Informatika, Hukum, Komunikasi dan PGSD.-dnr