Terungkap! Ratusan Karyawan PHR Jalani Tes Treadmill, 79 Dipastikan Jantungan


Kamis, 09 Februari 2023 - 05:53:55 WIB
Terungkap! Ratusan Karyawan PHR Jalani Tes Treadmill, 79 Dipastikan Jantungan Ilustrasi/foto:via Heartology

RIAUIN.COM - Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT Pertamina Hulu Rokan menjadi sorotan. Dimana, sejak Blok Rokan diambil alih dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 2021 lalu, sudah 8 karyawan mitra kerja tewas di lokasi kerja.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Rival Lino mengatakan, Tim Pengawas Ahli Utama yang melakukan investigasi telah mengeluarkan Nota Pemeriksaan.

"Terkait kecelakaan kerja, kita sudah mengeluarkan produk Nota Pemeriksaan Satu dan PHR sudah melakukan perubahan dengan adanya dilakukan tambahan Medical Check Up (MCU,) dan Treadmill," kata Rival Lino saat rapat dengan Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (7/2/2023) sore.

Dijelaskannya, PT PHR telah melaksanakan prosedur Treadmill dan Medical Check Up (MCU) terhadap ratusan karyawannya dan hasilnya 79 orang positif mengidap gangguan jantung.

"Laporan minggu lalu, terakhir sebanyak 600 tenaga kerja sudah dilakukan treadmill dan didapatkan 79 orang positif jantung," jelas Rival.

Ia menyarankan, hal Ini hendaknya menjadi catatan penting untuk seluruh sektor Migas agar dilakukan perubahan terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

"Mudah-mudahan, kedepannya PHR bisa lebih masif lagi terkait dengan MCU ini," pungkasnya.

Senada dengan Rival Lino, Gubernur Riau, Syamsuar mengakui bahwa Tim Pengawas dari Disnakertrans sudah melakukan investigasi di PT PHR dengan sangat teliti.

"Setelah Pengawas kami turun, dan dia mengecek dengan teliti. Disnakertrans Riau meminta kepada PHR untuk melakukan pengecekan kesehatan. Ketahuan, 12 (karyawan, red) yang tak bisa bekerja di lapangan. Setelah 12 dilarang, tak lama setelah itu, satu diantara 12 itu meninggal dunia," beber Syamsuar.-dnr