Ledakan Maut Pipa Minyak PT BSP, Disnakertrans Riau Lakukan Investigasi


Selasa, 07 Februari 2023 - 07:50:53 WIB
Ledakan Maut Pipa Minyak PT BSP, Disnakertrans Riau Lakukan Investigasi Foto:via Riau.go.id

RIAUIN.COM - Pipa minyak milik PT Bumi Siak Pusako (BSP) di areal Bekasap 02, Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, meledak pada Kamis, (26/1/2023) lalu. Ledakan tersebut terjadi di fasilitas pipa yang sudah tidak dipakai saat kegiatan pemeliharaan rutin dan pemanfaatan aset.

Akibat ledakan itu, satu pekerja meninggal dunia dan 3 pekerja lainnya luka-luka. Korban yang meninggal dunia diketahui bernama Anton (36) asal Kecamatan Sungaiapit, Siak. Anton merupakan karyawan kontraktor mitra PT BSP.

Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Rival Lino mengatakan, saat ini Tim Ahli Utama sedang melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

"Sampai hari ini masih dilakukan investigasi. Pihak perusahaan termasuk kontraktor hari ini dipanggil oleh Tim Pengawas Ketenagakerjaan terkait kecelakaan ini," jelas Rival Lino, Senin (6/2/2023).

Terkait kecelakaan kerja itu, Disnakertrans Riau berkoordinasi dengan SKK Migas, Kepolisian dan Dirjen Migas.

"Supaya apa, agar jangan muncul lagi (peristiwa yang sama, red). Apa, bagaimana, sebab apa ini masih dalam proses investigasi. Berbicara keselamatan kerja itu adalah kewenangan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) melalui Disnakertrans Riau untuk melakukan investigasi," tegas Rival.

Dijelaskan Rival, peristiwa itu terjadi pada line pipa di areal sumur. Saat itu, pekerja sedang memotong baut pipa yang sudah berkarat dengan las pemotong. Tiba-tiba memicu ledakan karena diduga masih terdapat sisa gas di dalam pipa minyak.

"Pemotongan itu sudah lebih dari satu baut barulah terjadi ledakan. Apakah didalamnya ada gas atau tidak, ini masih dalam investigasi tim di lapangan," sambung Rival.

Terpisah, GM PT BSP, Ridwan ketika dikonfirmasi membenarkan investigasi oleh Tim Ahli Utama Disnakertrans Riau. 

"Tim Disnakertrans sudah ke lapangan, mengenai hasil pemeriksaan kami serahkan sepenuhnya ke Tim Disnakertrans," tulisnya.-dnr