Hadiri Pelantikan PPNI Siak, Alfedri: Setiap Warga Harus Mendapat Pelayanan Kesehatan Maksimal


Senin, 06 Februari 2023 - 20:19:03 WIB
Hadiri Pelantikan PPNI Siak, Alfedri: Setiap Warga Harus Mendapat Pelayanan Kesehatan Maksimal Bupati Siak Alfedri menghadiri pelantikan pengurus PPNI Siak./foto:humas.

 RIAUIN.COM - Peningkatan pelayanan kesehatan merupakan salah satu visi misi Bupati Siak, Alfedri. Untuk mewujudkan visi itu, Alfedri membangun sejumlah Puskesmas di kecamatan, sehingga mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kalau penduduk padat atau Puskesmas jauh dari pemukiman warga, kita bangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa itu. Tujuan kita agar semua warga mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal di Kabupaten Siak," kata Alfedri, saat menghadiri pelantikan DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Siak, periode 2022-2027 di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak, Senin (6/2/2023). 

Sekitar 40 pengurus PPNI Siak dengan Ketua Jika Irawan yang dilantik Ketua DPW PPNI Provinsi Riau Ahmad Yusuf.

"Semoga pengurus PPNI yang baru dilantik diberikan kesehatan, kemudahan dan kelapangan sehingga bisa menjalankan roda organisasi ini," ujarnya.

Alfedri menyebutkan, banyak hal yang diharapkan kepada PPNI dalam bermitra dan bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk melaksanakan urusan pelayanan kesehatan yang baik. 

"Perawat merupakan tugas yang mulia, banyak yang harus dilakukan karena tuntutan alasan kemanusiaan. Pemkab Siak terus mendorong perawat untuk bekerja maksimal dalam upaya pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya di Siak," jelasnya.

Ketua DPW PPNI Provinsi Riau Ahmad Yusuf berharap, perawat tidak terlalu euforia, bangga dengan kuantitas yang ada di organisasi. Tapi bagaimana kuantitas ini dapat diseimbangkan dengan kualitas sebagai seorang perawat, dalam memberikan layanan kesehatan dan perawatan kepada masyarakat.

"Kami berpesan kepada pengurus PPNI Kabupaten Siak untuk selalu bersinergi dengan pemerintah kabupaten. Dalam melaksanakan atau mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah," harapnya.

Karena sebagai tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan, lanjutnya, harus tahu bahwa pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan. 

"Untuk itu kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh, baik dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tupoksi kita sebagai perawat dalam memberikan asuhan atau praktek keperawatan. Maupun pada saat kita melaksanakan tugas pelimpahan wewenang dari tenaga kesehatan lain," sebutnya.

Ketua PPNI Kabupaten Siak Jika Irawan menjelaskan, pemilihan pengurus DPD PPNI sangat selektif, mengingat tantangan organisasi perawat ke depan sangat berat. Selektif karena pengurus harus siap untuk berfikir, berinovasi, dan bergerak mengembangkan organisasi dan profesi menjadi lebih baik kedepan.

"Saya mengingatkan kepada segenap pengurus yang sudah dilantik untuk dapat menerapkan perilaku 4 K (Komitmen, Konsisten, Konsekuen dan Komunikasi Efektif). Semoga kepengurusan yang baru dilantik mampu menjawab tantangan, dan menjalankan amanah dengan program-program unggulan yang nantinya akan dituangkan," pungkasnya.(rls)