Tingkatkan Webometrics, Jurusan Ilmu Komunikasi Bersinergi dengan FISIP dan Perpustakaan Unri


Jumat, 03 Februari 2023 - 14:27:32 WIB
Tingkatkan Webometrics, Jurusan Ilmu Komunikasi Bersinergi dengan FISIP dan Perpustakaan Unri Dekan FISIP Unri, Kepala Perpustakaan Unri, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi dan para pihak terkait digitalisasi kampus Unri melakukan pertemuan, Kamis (2/1/2003).

RIAUIN.COM - Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau (Unri) melakukan pertemuan dengan Kepala Perpustakaan Unri dengan Dekan Fisipol Unri serta  Koordinator Laboratorium Ilmu Komunikasi FISIP Unri demi mewujudkan sinergitas dalam bidang digitalisasi, Kamis(2/1/2023) di Pekanbaru. Diharapkan kerjasama yang baik tersebut dapat meningkatkan webometrics Unri ke depannya.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP, Dr Rumyeni SSos MSc, mengatakan pihaknya sangat mendukung upaya kolaborasi dalam bidang digital bersama FISIP Unri, Perpustakaan Unri dan pihak-pihak terkait lainnya. Termasuk di dalamnya rencana program Podcast Gurindam 12 yang akan dijalankan. 

"Kami sangat antusias dengan rencana pengembangan podcast ini karena selama ini SDM sudah tersedia di Jurusan Ilmu Komunikasi hanya saja masih terkendala dalam peralatan penunjang. Harapan kami melalui kolaborasi ini, Jurusan Ilmu Komunikasi akan turut memberi kontribusi lebih besar bagi Unri, khususnya dalam peningkatan webometrics Unri," kata Rumyeni.

Sementara itu Dekan FISIP Dr Meyzi Heriyanto MSi mengatakan sinergitas dalam bidang digital ini nantinya juga diharapkan akan menunjang peningkatan webometrics Unri, dan tentu ini merupakan ide besar yang harus sama-sama di sambut baik dan direalisasikan. Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas di dunia melalui website perguruan tinggi tersebut.

"Dari hasil kerjasama ini diharapkan civitas dapat memanfaatkan ruang podcast dan perlengkapan lainnya yang ada di perpustakaan Universitas Riau. Sinergitas ini diharapkan bisa bermanfaat bagi semua pihak termasuk juga mahasiswa, khususnya pada program studi ilmu komunikasi agar dapat mengembangkan potensi diri melalui praktik dalam program podcast. Pada akhirnya sinergitas ini akan mendukugn peningkatan webometrics universitas tercinta kita ini," kata Meyzi Heriyanto.

Harapannya juga konten-konten yang dihasilkan dapat menunjang keaktifan dan kreativitas dari mahasiswa Universitas Riau, kemudian dengan begitu juga perpustakaan sebagai pusat literasi juga ke depan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kepada masyarakat sebagai jantung pengetahuan Universitas Riau. Hal ini sesuai dgn semboyan Universitas Riau menjadi jantung hati Masyarakat Riau. 

Sementara itu Ketua Perpustakaan Unri Edyanus Hermal Halim SE MS menyampaikan harapan agar seluruh program sudah dapat direalisasikan pada awal Maret 2023 mendatang. "Semoga awal Maret program podcast tersebut sudah dapat terealisasi. Semua sarana pendukung telah tersedia, para tenaga ahli IT juga sudah siap mendukung program ini. Tinggal dibuat perencanaan program produksinya," kata Edyanus yang juga tokoh masyarakat Riau ini. 

Pertemuan tersebut juga dihadiri kepala Bidang IT, Bidang Pengembangan Koleksi, Bidang Pelayanan,  Pustakawan Universitas Riau serta Sub Koordinator. - rls/vie