Suhardiman Amby Siapkan Anggaran Khusus Jika Target Swasembada Pangan Tercapai


Jumat, 03 Februari 2023 - 19:47:05 WIB
Suhardiman Amby Siapkan Anggaran Khusus Jika Target Swasembada Pangan Tercapai PLT Bupati Poto bersama Puluhan Penyuluh Pertanian

RIAUIN.COM- PLT Bupati Kuansing Drs Suhardiman Amby berjanji bakal menyiapkan anggaran khusus jika target swasembada pangan pada tahun 2024 tercapai.

Hal itu diungkapkan Suhardiman saat dialog dengan ratusan penyuluh pertanian dan perkebunan Se Kuansing, Jumat (3/2/2023) di Teluk Kuantan.

"Saya akan siapkan anggaran khusus, jika target swasembada itu bisa tercapai,"janji PLT Bupati.

Dalam dialog tersebut, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Kuansing, Ir Emerson menjelaskan bahwa, sejauh ini ada 113 Penyuluh Pertanian di Kuansing. penyuluh sebanyak itu dinilai masih kurang.

"Ini masih kurang 93 Orang untuk seluruh wilayah Kuansing," kata Emerson.

Meski demikian, Emerson optimis target swasembada tahun 2024 bisa tercapai. Untuk itu butuh dukungan dan suport dari pimpinan yakni Plt Bupati.

Emerson pun merinci, jika pada beberapa kecamatan ada produk unggulan tertentu seperti di Gunung Toar akan jadi  sentra Kebun Durian, Benai Bawang. Sedangkan kecamatan Singingi Hilir sudah menjadi sentra pepaya madu.

Bahkan saat ini kebun pepaya madu telah mampu meng hasilkan 450.000 ton per bulan. Buah pepaya teresebut dikirim ke Keramat Jati Jakarta.

Penyuluh Ujung Tombak Keberhasilan.

Keberhasilan petani tidak terlepas dari bimbingan dari penyuluh pertanian. Oleh karena itu, PLT Bupati Suhardiman telah lama ingin bertatap muka dengan seluruh penyuluh yang ada di Kabupaten Kuansing.

Sebab, Penyuluh merupakan Ujung Tombak Swasembada, "Mau duit berapa saya anggarkan," ujar PLT Bupati sembari memberi suport kepada penyuluh.

Diharapkannya, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, harus punya trik menciptakan sentra sentra pertanian dan holtikultura di wilayah Kuansing.

"Maunya saya, mau petani, peternak, holtikultura, semua mesti swasembada," harap PLT Bupati yang bergelar Datuk Panglimo Dalam menegaskan.

Karena itu, kata dia, PPL Kuansing  mesti punya visi pengabdian untuk masyarakat.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Ketua 1 dan 2 DPRD Kuansing, Asisten 2 H Maisir, Plt Kadisbun Nak, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing.-hen