Advertorial

Dirut PT PHR Dua Kali Tak Hadiri RDP, DPRD Riau Wacanakan Bentuk Pansus


Jumat, 03 Februari 2023 - 06:37:24 WIB
Dirut PT PHR Dua Kali Tak Hadiri RDP, DPRD Riau Wacanakan Bentuk Pansus Anggota Komisi V DPRD Riau, Sugianto saat mempertanyakan ketidakhadiran Dirut PT PHR di RDP/foto:dnr

RIAUIN.COM - Sejak diambil alih dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 9 Agustus 2021 lalu, sejumlah permasalahan terus menggerogoti BUMN yang katanya hadiah terbesar bagi masyarakat Riau itu.

Mulai dari masalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), kecelakaan kerja yang menyebabkan karyawan meninggal dunia, jumlah tenaga kerja lokal hingga yang terbaru Direktur Utama (Dirut) PT PHR, Jaffee Arizon Suardin yang tidak hadir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPRD Riau.

Soal sudah dua kali Dirut PT PHR, Jaffee A Suardin mangkir dalam RDP bersama Komisi V, DPRD Provinsi Riau mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus (Pansus).

Ketua DPRD Riau, Yulisman mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membahas pembentukan Pansus dengan seluruh komisi dan pimpinan yang ada.

"Nanti kita bicarakan (pembentukan Pansus, red) antara komisi dan pimpinan," kata Yulisman usai pembatalan RDP oleh Komisi V DPRD Riau bersama utusan PHR di Ruang Medium, Kamis (2/2/2023).

Senada dengan Yulisman, Wakil Ketua DPRD Riau Syafaruddin Poti juga menginginkan pembentukan Pansus tersebut. Katanya, DPRD Riau tidak mungkin membuat jadwal ulang RDP karena dari awal sudah disepakati untuk menghadirkan Dirut PHR.

"Kita tidak ingin mengundang dan menjadwal ulang. Kepada seluruh ketua Fraksi, apakah sikap kita secara kelembagaan terhadap PHR, apakah ini dibentuk Pansus? Kita rapatkan dulu dengan seluruh komisi dan pimpinan. Setelah terbentuk Pansus kami akan turun bersama Dinas Tenaga Kerja dan tidak melibatkan PHR. Karena diundangpun tidak akan hadir," pungkasnya.

Terpisah, VP Corporate Secretary, Rudi Ariffianto menjelaskan, alasan ketidakhadiran Dirut PT PHR, Jaffee Arizon Suardin. Katanya, pada saat yang bersamaan Jaffee sedang menghadiri kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. 

"Kebetulan di hari yang sama Direktur Utama kami sedang ada kegiatan yang itu tidak kalah pentingnya untuk pengembangan Rokan ke depan. Dan ini terkait peningkatan produksi supaya kita bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang lebih luas di Riau terutama, dan Indonesia secara umum," pungkasnya.-adv