Yakin Karyawan PT PHR 90 Persen Warga Riau? 2.671 Orang Eks CPI


Jumat, 27 Januari 2023 - 08:04:52 WIB
Yakin Karyawan PT PHR 90 Persen Warga Riau? 2.671 Orang Eks CPI Ilustrasi/foto:via dutaenergi.com

RIAUIN.COM - Selain masalah kecelakaan kerja, DPRD Riau menyoroti jumlah karyawan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang katanya 90 persen adalah penduduk lokal.

Sejak Blok Rokan diambil alih dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) oleh PHR, Pemerintah Provinsi Riau menaruh harapan yang cukup besar terutama peluang kerja bagi warganya di perusahaan plat merah tersebut.

Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti menyoroti peluang kerja bagi putra-putri daerah di BUMN yang secara resmi beroperasi pada 9 Agustus 2021 di Wilayah Kerja Rokan.

"Karyawan PHR ini 90 persen adalah putra daerah Riau. Kita mau melihat data itu benar keabsahannya atau tidak," ucap Poti, Rabu (25/1/2023).

Sementara itu, Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Agus Hartanto meragukan sebagian besar karyawan PT PHR adalah warga Riau. Jika dugaan itu benar, maka hal itu tak sesuai pesan dan harapan Presiden RI Joko Widodo.

"Seberapa banyak orang-orang kita di PHR. Kita harus buka seterang-terangnya, 90 persen itu siapa? Apakah sekedar KTP nya saja atau memang sudah asli dan pada posisi-posisi apa? Apakah sekedar buruh kasar atau ditempatkan di posisi strategis," tanya Ade, usai walkout pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) denga perwakilan PT PHR di Ruang Medium DPRD Riau, Rabu sore.

Lanjut Ade, PHR ini katanya hadiah terbesar bagi masyarakat Provinsi Riau, harus benar-benar terbaik, bukan sebagai sumber masalah.

"Yang katanya hadiah terbaik untuk Provinsi Riau ini benar-benar harus jadi yang terbaik, bukan jadi masalah atau tempat pembantaian orang-orang dengan kalalaian-kelalaian yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di dalam PHR itu sendiri," tegasnya.

Seperti dikutip dari laman Kompas, sebagian besar pegawai PT PHR merupakan karyawan bekas dari PT CPI.

Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin kala itu mengatakan, 2.691 karyawan Chevron di Blok Rokan telah setuju untuk bergabung dengan Pertamina.

"Sebanyak 2.691 pekerja CPI telah setuju untuk bergabung dengan PHR. Jadi nanti operasional Blok Rokan akan dikerjakan oleh tim lama juga. Kemudian untuk kontrak kerja kami juga sudah lakukan mirrorring dengan CPI dan sudah mencapai 100 persen," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).-dnr