Pipa PT BSP Bocor di Sabak Auh, Minyak Mengalir ke Pemukiman Warga, Riki: Sudah Diperbaiki


Kamis, 26 Januari 2023 - 17:03:28 WIB
Pipa PT BSP Bocor di Sabak Auh, Minyak Mengalir ke Pemukiman Warga, Riki: Sudah Diperbaiki Pihak PT BSP sedang memperbaiki pipa minyak yang bocor di Sabak Auh./foto:ist

RIAUIN.COM - Pipa minyak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Siak Pusako (BSP) dari sumur Bandar Pedada yang mengalir ke areal Zamrud, mengalami kebocoran. Lokasi kebocoran berada di pinggir jalan lintas di Kampung Sabak Permai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak. 

Akibat kelalaian PT BSP, minyak yang berasal dari pipa bocor mengalir hingga pemukiman warga. Sehingga, menimbulkan kerusakan pada tanaman akibat pencemaran lingkungan. 

"Baru saja saya melihat sendiri pipa minyak PT BSP di pinggir jalan Kampung Sabak bocor. Sampai sekarang belum diperbaiki. Bahkan minyak yang tumpah itu sudah masuk ke pekarangan rumah warga. Diperkirakan kebocoran itu terjadi tadi malam," kata Dani, warga Sabak Auh kepada Riauin.com, Kamis (26/1/2023).

Penghulu Kampung Sabak Permai Komarudin membenarkan peristiwa itu. Dia minta pihak perusahaan agar segera mengatasi kebocoran. Sebab, upaya penambalan pipa minyak yang dilakukan beberapa waktu lalu tidak maksimal. 

"Yang bocor bekas penambalan. Ini membuktikan perusahaan tidak serius mengatasi masalah ini. Makanya kembali bocor, sehingga merugikan masyarakat sekitar. Lingkungan pun tercemar akibat kebocoran pipa minyak ini," kata Komarudin.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT BSP Riki Hariansyah saat dihubungi Riauin.com mengaku, pihak perusahaan sudah melakukan perbaikan terhadap kebocoran pipa minyak di Kampung Sabak Permai.

"Sudah diperbaiki. Sejak siang tadi, tim berada di lokasi untuk menambal pipa bocor. Minyak yang berserakan juga sudah dibersihkan," kata anak sulung mantan Bupati Siak Arwin.

Kebocoran pipa minyak itu, kata Riki, disebabkan karena kondisi pipa sudah berkarat (korosi) karena faktor usia dan lingkungan.

"Ya, pipa korosi karena di makan usia dan lingkungan. Makanya gampang bocor. Ini menjadi PR kita ke depan untuk mengganti pipa yang sudah keropos, agar tak bocor lagi," tutup mantan anggota DPRD Riau ini.(*)