Diterima Walikota, Puluhan Pengemudi Betor Aksi Damai di Depan Balai Kota Medan


Rabu, 25 Januari 2023 - 10:30:37 WIB
Diterima Walikota, Puluhan Pengemudi Betor Aksi Damai di Depan Balai Kota Medan Foto: Antara

RIAUIN.COM - Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima aksi damai puluhan pengemudi becak bermotor (betor) tergabung dalam Solidaritas Angkutan Transportasi Umum Becak Bermotor di depan Balai Kota Medan, Selasa (24/1).

Dihadapan puluhan pengemudi betor, menantu Presiden Joko Widodo ini menyatakan tetap komitmen dengan janjinya untuk melakukan peremajaan betor dan memberikan bantuan kepada para istri pengemudi betor.

"Kita memberikan bantuan program bukan hanya melepas tanggung jawab, saya tidak mau seperti itu. Saya sudah sampaikan seluruh dinas harus benar-benar melihat hasil 'output-nya'," kata Bobby. 

Wali kota menegaskan bahwa fungsi dari peremajaan betor yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan perekonomian. 

"Kita ingin ketika betor diremajakan, ekonominya meningkat. Itu kita sampaikan satu tahun lalu saat COVID-19 dan pasca COVID-19. Jadi kita berikan bantuan kepada istri penarik betor, yakni program UMKM," terangnya dikutip dari antara.

Bobby menjelaskan bantuan yang diberikan berupa pelatihan dan mendaftarkan usaha di E-Katalog Pemkot Medan, sehingga OPD di lingkungan Pemkot Medan bisa menjadi pasar dagangan istri penarik betor ini.

"Itu sudah kita programkan. Setelah itu, baru pengemudi betor kita remajakan," papar dia.

Menurutnya program itu belum berjalan karena ditemukan kendala di lapangan tanpa menuduh siapapun dari beberapa kelompok istri penarik betor yang dikumpulkan. 

Oleh karenanya Pemkot Medan kembali memberikan bantuan karena fungsi dilakukan peremajaan untuk meningkatkan ekonomi, dan bukan lepas tanggung jawab peremajaan betor. 

"Kita ganti baru pun kalau ekonominya belum membaik, jika ban betornya pecah. Ganti olinya bukan dengan oli yang baik, betornya rusak lagi. Makanya kita perbaiki ekonomi keluarganya dahulu," tuturnya.

Terkait peremajaan betor, Bobby menjelaskan, akan mengusung konsep pariwisata. Sebab setiap berbicara tentang Kota Medan, tentunya terkait dengan becak bermotor yang menjadi ikon. 

"Karena itu yang ingin dijadikan ikon, itu harus sejahtera," tutur Wali Kota Medan. 

Puluhan pengemudi betor menyambut baik penjelasan Bobby itu. Selain menyalami suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini, pengemudi betor mengajaknya foto bersama sebelum membubarkan diri. (*)