Ini 7 Nama Karyawan Mitra PT PHR Tewas di Lokasi Kerja, Hari Minggu Ada 2


Rabu, 25 Januari 2023 - 08:27:49 WIB
Ini 7 Nama Karyawan Mitra PT PHR Tewas di Lokasi Kerja, Hari Minggu Ada 2 Ilustrasi/foto via Bisnis.com

RIAUIN.COM - Sejak diambil alih dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada Senin (9/8/2021) lalu, sudah tujuh karyawan mitra kerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tewas di lokasi kerja.

Terbaru, insiden mengenaskan terjadi pada Rabu (18/1/2023) yang menimpa DS (22) karyawan PT Asrindo Citra Seni Satria yang merupakan perusahaan rekanan PT PHR.

Dari data yang berhasil dirangkum, ke tujuh karyawan mitra kerja tersebut antara lain:

1. SDI, karyawan PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi. Meninggal dunia pada 27 Juli 2022.

2. FDI, karyawan PT PHR. Meninggal pada Sabtu 30 Juli 2022.

3. HTO, karyawan PT Asrindo Citra Seni Satria. Meninggal pada Kamis, 17 November 2022.

4. YDI, karyawan PT Asia Petrocom Service. Meninggal pada Minggu, 20 November 2022.

5. EZN, karyawan PT Andalan Permata Buana. Meninggal pada Minggu, 20 November 2022.

6. SPD, karyawan PT Berkat Karunia Pahala. Meninggal pada Sabtu, 24 Desember 2022.

7. DS, karyawan PT Asrindo Citra Seni Satria. Meninggal pada Rabu, 18 Januari 2023.

Enam dari tujuh karyawan mitra kerja secara berurutan dari atas, semuanya meninggal dunia dikonfirmasi karena serangan jantung. Terkecuali yang terakhir, DS meninggal dunia murni karena kecelakaan kerja.

Selain itu, dari daftar diatas, terdapat dua karyawan yang meninggal pada hari yang sama. Lalu, ada dua karyawan dari satu perusahaan yang meninggal dengan kasus berbeda.

Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Rival Lino mengatakan, Tim Pengawas Ahli hingga saat ini masih melakukan proses investigasi dan pendalaman terkait kasus kecelakaan kerja yang terakhir ini.

"Kita target minggu ini bisa selesai dan akan kita laporkan ke Kementerian Ketenagakerjaan," ujar Rival Lino, Selasa (24/1/2023) siang di ruang kerjanya.

Sebelumnya dia menjelaskan, keenam karyawan dari 6 perusahaan tersebut diatas meninggal dalam hubungan kerja.

"Ini yg meninggal karena hubungan kerja. Bukan tipe kecelakaan yang terakhir. Yang ke-7 berbeda. Yang ke-7 yang tertimpa kemarin. Iya (dari PT Asrindo Citra Seni Satria, red). Murni kecelakaan kerja" pungkasnya.

Diketahui, korban DS mengalami luka berat pada bagian kepala karena tertimpa besi sehingga ia tewas ditempat. Korban tewas karena tertimpa besi POSV dari Rig 06 yang digunakan pada proses service sumur minyak bumi. Proses pemakaman korban dilaksanakan pada, Jum'at (20/1/2023) kemarin di tanah kelahirannya Sumatera Utara.

Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, dalam kurun waktu akhir Juli 2022  hingga November 2022, sudah 5 karyawan mitra kerja PHR yang tewas dan baru terungkap ke publik akhir November 2022.

Kemudian terjadi lagi pada Desember 2002 lalu, yang menewaskan seorang pekerja lainnya. Dan yang ke tujuh menimpa Derikson Siregar.-dnr