Hari Ini, 5.584 Anggota PPS Pemilu 2024 se-Riau Dilantik Serentak


Selasa, 24 Januari 2023 - 22:11:02 WIB
Hari Ini, 5.584 Anggota PPS Pemilu 2024 se-Riau Dilantik Serentak

RIAUIN.COM- Sebanyak 5.584 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 se-Provinsi Riau dilantik serentah. Pelantikan dilaksanakan dimasing-masing kabupaten dan kota, Selasa (24/1/2023) pagi tadi.

Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir menghadiri pelantikan 552 anggota PPS di Gedung Misran Raiz, Kota Bagansiapi-api. dari 5.584 anggota PPS, akan bertugas di 1.862 desa dan kelurahan di 12 kabupaten/kota di Riau, dengan dilantiknya secara serentak maka resmi menjadi penyelenggara Pemilu 2024.

Menurut Ilham, para anggota PPS merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam rangkaian kerja-kerja kolosal menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Ilham menjelaskan dari 5.586 orang anggota PPS yang dibutuhkan, baru 5.584 orang dilantik, sementara 2 orang lainnya PPS dari Kabupaten Indragiri Hulu posisinya belum terisi karena mengundurkan diri saat proses wawancara, yaitu 1 orang PPS Kelurahan Pasar Kota Kecamatan Rengat dan  1 orang PPS Desa Sungai Aur Kecamatan Batang Peranap.

“Untuk posisi anggota PPS yang belum terisi di Kabupaten Indragiri Hulu, berdasarkan Surat Ketua KPU RI Nomor 63/PP.04-SD/04/2023 tanggal 17 Januari 2023 perihal Pemenuhan Kebutuhan PPS Pasca Perpanjangan Pendaftaran PPS Tahap II pada KPU/KIP Kabupaten/Kota  bahwa pasca perpanjangan PPS tahap II yang masih kurang dari satu kali jumlah kebutuhan, KPU kabupaten/kota dapat melaksanakan kerja sama dengan perguruan tinggi, lembaga pendidikan, lembaga profesi untuk mendapatkan calon anggota PPS yang memenuhi persyaratan,” ujar Ilham.

Sementara Ketua Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto melalui sambungan telepon dari Kabupaten Rokan Hulu menjelaskan, minat perempuan cukup besar pada penyelenggara Pemilu di tingkat PPS ini.

“Data yang dilaporkan ke KPU Provinsi Riau dari 5.584 PPS terpilih dan telah dilantik, anggota  PPS laki-laki lebih banyak dari pada perempuan yaitu 3.651 orang atau sebanding dengan 65,38 persen, sedangkan sisanya 1.933 orang atau 34,62 persen merupakan  perempuan. Ini menunjukkan bahwa minat perempuan untk menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat PPS cukup tinggi," kata Nugroho.

Terkait kekosongan 2 anggota PPS di Kabupaten Indragiri Hulu, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Indragiri Hulu untuk segera memproses pengisian posisi anggota PPS tersebut agar segera dilantik.

 “Selaku pengampu Divisi SDM kami sudah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Indragiri Hulu agar segera memproses pengisian posisi anggota PPS yang kosong di Kelurahan Pasar Kota Kecamatan Rengat dan PPS Desa Sungai Aur Kecamatan Batang Peranap, agar dapat segera dilantik. Saya meminta kepada anggota PPS yang telah dilantik untuk bekerja dengan profesional. Tahapan Pemilu sudah berlangsung. Segera pahami regulasi dan koordinasi dengan para pihak untuk menyukseskan tahapan Pemilu di tingkat desa/kelurahan," tutur Nugroho. -rls, vie