Pilih Pilkada Siak atau Pilgubri, Ini Jawaban Alfedri


Selasa, 24 Januari 2023 - 18:33:59 WIB
Pilih Pilkada Siak atau Pilgubri, Ini Jawaban  Alfedri Alfedri saat dilantik Syamsuar sebagai Bupati Siak tahun 2021 lalu.

RIAUIN.COM - Dinilai sukses memimpin Kabupaten Siak, Alfedri termasuk salah satu bupati di Provinsi Riau yang digadang-gadangkan maju pada Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri), November 2024 mendatang. 

Menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, tentu peluang Alfedri untuk ikut konstelasi Pilgubri terbuka lebar. Apalagi, PAN sudah punya modal 7 kursi di DPRD Riau.

Kendati demikian, banyak tokoh berkeinginan agar Alfedri melanjutkan kepemimpinannya di Kabupaten Siak, satu periode lagi. Setelah itu, baru naik kelas ke Pilgubri di tahun 2029.

Saat Riauin.com menanyakan langkah politik Alfedri di Pilkada 2024, pria berusia 54 tahun itu tak banyak memberikan tanggapan. Sebagai Ketua PAN Riau, Alfedri memilih lebih fokus menghadapi Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg), April 2024. 

"Tunggu hasil Pileg dulu, baru bahas Pilkada," jawab Alfedri singkat, usai menghadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Lapangan Siak Bermadah, Selasa (24/1/2023).

Menghadapi Pileg 2024, Alfedri optimis partai yang dipimpinnya mampu menambah kursi di DPRD Riau.

"Sekarang 7 kursi, Pileg 2024 target kita harus meningkat. Minimal 9 kursi. Kita optimis bisa tercapai karena target yang ditetapkan masih logis," kata Alfedri, beberapa waktu lalu.

Bagi Alfedri, keputusan DPP PAN masuk  Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menjadi pedoman untuk melaksanakan kebijakan di Riau. 

"Kalau koalisi kita KIB lah," tegasnya.

Menarik dicermati, saat ini PAN bersama Golkar dan PPP merupakan anggota KIB. Apakah di Pilgubri 2024, PAN akan berkoalisi dengan Golkar dan PPP di Riau?

Kalau ini terjadi, tidak tertutup kemungkinan Alfedri maju di Pilgubri mendampingi Syamsuar yang merupakan Ketua Golkar Riau. 

Syamsuar saat ini adalah Gubernur Riau yang juga mantan Bupati Siak. Dimana, saat menjabat Bupati Siak 2 periode (2011-2018), Alfedri merupakan wakil Syamsuar.(*)