Harimau Berkeliaran di Siak Belum Tertangkap, Bupati Alfedri: Jangan Percaya Cerita Mistis


Selasa, 24 Januari 2023 - 17:31:34 WIB
Harimau Berkeliaran di Siak Belum Tertangkap, Bupati Alfedri: Jangan Percaya Cerita Mistis Wakil Bupati Siak Husni Merza ikut dengan tim memasang perangkap harimau di Hutan Kota Arwinas.

RIAUIN.COM - Bupati Siak Alfedri mengimbau masyarakat Kecamatan Siak dan Mempura untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman harimau sumatera. Dia juga mengingatkan warga agar tidak percaya dengan cerita-cerita mistis yang mengarah kepada kemusyrikan.

Sebab, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau belum berhasil menangkap harimau sumatera yang terekam CCTV Toko Sinar Sanjaya milik Hasan di Belantik, Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak.

Kendati BBKSDA Riau, Pemkab Siak dan Polres Siak terus melakukan pencarian terhadap binatang buas ini, namun keberadaan satwa liar ini terus berpindah-pindah. 

"Bahkan, sejak semalam dilakukan pencarian dengan menggunakan kamera terbang (drone) milik BPBD Siak dan BBKSDA Riau. Tapi hasilnya belum ada. Begitu juga perangkap besi yang dipasang di Hutan Kota Arwinas, juga belum membuahkan hasil," kata Bupati kepada Riauin.com, usai menghadiri pelantikan PPS, Selasa (24/1/2023).

Terkait berkembang cerita mistis di masyarakat atas keberadaan harimau masuk Kota Siak, Alfedri mengingatkan warga agar tidak mempercayai hal itu.

"Di Arab Saudi, tak ada ajaran seperti itu. Jangan kaitkan fenomena harimau ini dengan mistis. Jangan percaya cerita mistis. Bisa terjerumus kearah musyrik. Saya banyak terima pesan WA yang aneh-aneh," ujarnya.

Alfedri mengaku terus memantau perkembangan informasi terkait keberadaan harimau di Kota Siak. Bahkan, setiap saat dia selalu menerima kabar terbaru dari jajarannya.

"Kemaren informasinya juga ditemukan jejak kaki harimau di Mempura, tapi setelah diselidiki ternyata itu jejak beruang. Intinya, kita bersama BBKSDA terus berkoordinasi untuk mengetahui keberadaan hewan buas ini," jelas Alfedri.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan warga agar berhati-hati menyampaikan informasi di group WhatsApp dan media sosial. Jangan sampai informasi yang disebarkan berita bohong (hoax), sehingga berurusan dengan pihak berwajib.

"Warga harus lebih hati-hati, jangan mudah menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya," ingat Alfedri.

Sementara itu, Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan melalui Kepala Seksi Wilayah IV Gunawan membenarkan pencarian harimau yang meresahkan masyarakat Kota Siak menggunakan kamera terbang atau drone. 

"Sejak semalam tim kita melakukan pencarian harimau dengan drone. Ada drone dari BBKSDA dan juga milik Pemkab Siak," jelasnya.

Terkait penemuan jejak kaki mirip telapak harimau di Sei Mempura, Kecamatan Mempura, kata Gunawan, ada sejumlah jejak yang diidentifikasi. 

"Ada jejak kaki yang memang mirip telapak kaki harimau. Tapi ada juga jejak beruang. Ukuran telapak kaki harimau yang ditemukan di Sei Mempura hampir sama ukurannya di Suak Lanjut. Bisa jadi harimau ini menyeberang lewat sungai ke Mempura," pungkasnya.(*)