KPU Lantik 393 PPS, Bupati Siak: Bekerja Profesional dan Tanggung Jawab


Selasa, 24 Januari 2023 - 16:35:43 WIB
KPU Lantik 393 PPS, Bupati Siak: Bekerja Profesional dan Tanggung Jawab Bupati Siak Alfedri didampingi Ketua KPU Siak Ahmad Rizal saat memberikan keterangan kepada wartawan.

RIAUIN.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak Ahmad Rizal melantik 393 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Lapangan Siak Bermadah, Selasa (24/1/2023). Sebulan yang lalu, KPU Siak juga melantik 70 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Ahmad Rizal menjelaskan, pelantikan PPS ini merupakan rangkaian tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 yang sudah berlangsung. 

Sebanyak 393 orang PPS yang baru dilantik, kata Rizal, nantinya ditugaskan di 131 kelurahan/kampung yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Siak. Mereka bertugas selama 14 bulan, hingga Pemilu selesai. 

"Setelah menyelesaikan proses rekrutmen, kita langsung melantik anggota PPS. Bisanya pelantikan di masing-masing kecamatan, tapi tahun ini digelar serentak," kata mantan wartawan ini.

Setelah pelantikan ini, Rizal menyarankan kepada semua PPS untuk segera berkoordinasi dengan Lurah/Penghulu di masing-masing daerah, termasuk dengan PPK.

"Langsung koordinasi dengan Lurah atau Penghulu Kampung agar bisa memulai melaksanakan tugas yang diembankan. Sebab, proses tahapan Pemilu terus berjalan," ujarnya.

Bupati Siak Alfedri yang ikut menghadiri acara mengharapkan kepada anggota PPS yang baru dilantik agar bisa bekerja dengan profesional dan bertanggung jawab. 

"Beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan pelantikan PPK, hari ini PPS. Tentu kita mendukung kinerja KPU yang telah menjalankan rangkaian Pemilu ini dengan baik," kata Bupati.

Menurut Bupati, PPK dan PPS sangat berperan dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. 

"Saya harapkan PPS harus bekerja profesional dan tanggung jawab. Mari kita buktikan Kabupaten Siak mampu mewujudkan Pemilu yang berkualitas, sehingga menghasilkan pemimpin dan anggota DPRD yang berkualitas juga," tutup Alfedri.(*)