Inilah Daftar 6 PT Rekanan PHR Karyawannya Tewas di Lokasi Kerja, Nomor 4 Sudah Dua


Senin, 23 Januari 2023 - 21:07:05 WIB
Inilah Daftar 6 PT Rekanan PHR Karyawannya Tewas di Lokasi Kerja, Nomor 4 Sudah Dua Ilustrasi/foto:via koran tempo

RIAUIN.COM - Inilah daftar 6 perusahaan mitra kerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang karyawannya meregang nyawa di lokasi kerja.

Keenam perusahaan itu yakni :
1. PT Asia Petrocom Service
2. PT PHR
3. PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi 
4. PT Asrindo Citra Seni Satria 
5. PT Andalan Permata Buana 
6. PT Berkat Karunia Pahala.

Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Rival Lino mengatakan, keenam karyawan dari 6 perusahaan tersebut diatas meninggal dalam hubungan kerja.

"Ini yg meninggal karena hubungan kerja. Bukan tipe kecelakaan yang terakhir. Yang ke-7 berbeda," ujar Rival Lino, Senin (23/1/2023) malam.

Dijelaskan Rival Lino, peristiwa pada Rabu (18/1/2023) kemarin yang menewaskan Derikson Siregar (22) juga merupakan karyawan dari PT Asrindo Citra Seni Satria. 

Artinya, sudah dua karyawan PT Asrindo Citra Seni Satria tewas sejak 2022 lalu.

"Yang ke-7 yang tertimpa kemarin. Iya (dari PT Asrindo Citra Seni Satria, red). Murni kecelakaan kerja" pungkasnya.

Untuk diketahui, karyawan PT Asrindo Citraseni Satria yang merupakan rekanan dari PT PHR bernama Derikson Siregar tewas mengenaskan di lokasi kerja.

Korban mengalami luka berat pada bagian kepala dan tewas ditempat. Korban tewas diduga karena tertimpa besi POSV dari Rig 06 yang digunakan pada proses service sumur minyak bumi. Proses pemakaman korban dilaksanakan pada, Jum'at (20/1/2023) kemarin di tanah kelahirannya Sumatera Utara.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Riau, Imron Rosyadi, dalam kurun waktu akhir Juli hingga November 2022, sudah 5 karyawan mitra kerja PHR yang tewas dan baru terungkap ke publik akhir November 2022.

Kemudian terjadi lagi pada Desember 2002 lalu, yang menewaskan seorang pekerja lainnya. Terakhir menimpa Derikson Siregar.

Terkait hal ini, kami mencoba konfirmasi ke Humas PT PHR, Onggo. Namun pesan WhatsApp yang dikirim tidak dibalas dengan status centang dua abu-abu.-dnr