PLT Bupati Kuansing Hadiri Olek Banjar Desa Pulau Ingu, Sembelih 5 Ekor Hewan Ternak


Ahad, 22 Januari 2023 - 22:16:26 WIB
PLT Bupati Kuansing Hadiri Olek Banjar Desa Pulau Ingu, Sembelih 5 Ekor Hewan Ternak PLT Bupati Kuansing hadiri olek Banjar Desa Pulau Ingu

RIAUIN.COM- PLT Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Suhardiman Amby menghadiri kegiatan Pesta Turun Sawah (Olek-olek banjar) bertempat di Desa Pulau Ingu, Kecamatan Benai, Ahad (22/1/2023).

Kedatangan rombongan PLT Bupati disambut oleh masyarakat setempat dengan tradisi Sampek Sampek. Suhardiman Amby yang bergelar Datuk Panglimo Dalam itu dijemput dan diarak menuju lokasi acara.

Ikut bersama PLT Bupati, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Kuansing. Dibelakangnya terlihat rombongan Kadis dan perwakilan Forkopimda. Sedangkan rombongan pemangku adat telah menunggu Datuk Panglimo Dalam di pelataran acara.

Ketua Panitia Acara Olek Banjar Desa Pulau Ingu, Oktaviar mengungkapkan bahwa olek banjar kali ini, pihak panitia menyembelih tiga ekor kerbau dan dua ekor sapi untuk dimasak untuk jamuan makan bersama warga dengan rombongan PLT Bupati.

PLT Bupati Suhardiman Amby dalam pidatonya menyebutkan bahwa, tradisi olek banjar ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun sejak dari nenek moyang terdahulu. Secara harfiah, tradisi tersebut adalah bentuk syukur masyarakat Kuansing atas nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Dalam acara tersebut, PLT Bupati memberikan bantuan sebesar Rp15 juta untuk mendukung acara olek Banjar. Selain itu, ia juga menyerahkan bantuan satu unit  hand traktor kepada petani di Desa Pulau Ingu.

"Semoga dengan bantuan unit hand traktor ini, masyai bisa lebih cepat dalam mengolah sawah," harap Suhardiman.

Bantuan unit hand traktor langsung diterima Kades Pulau Ingu, Dede Kurniawan disaksikan Camat Benai, Hazrianto serta sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkab Kuansing. 

Sementara itu, Pemangku Adat Kengerian Simandolak, Drs Hamdan MS gelar Datuk Paduko Julelo berterimakasih dan sangat mengapresiasi perhatian dan bantuan yang di berikan Plt Bupati Drs H Suhardiman Amby. 

Dalam istilah adat, bantuan ini " Masak rongka " Dimana artinya apa yang diminta langsung diberi," ujar Hamdan. 

Dikatakannya, hand traktor tersebut sangat diperlukan masyarakat, untuk membantu program pemerintah, "Namun tentu butuh bimbingan ke depan, ujar Hamdan.-hen