Sore Ini BBKSDA Riau Pasang Kamera dan Perangkap Harimau di Hutan Kota Arwinas Siak


Sabtu, 21 Januari 2023 - 15:22:21 WIB
Sore Ini BBKSDA Riau Pasang Kamera dan  Perangkap Harimau di Hutan Kota Arwinas Siak Rencananya sore ini BBKSDA Riau memasang perangkap di Hutan Kota Arwinas./foto:nal

RIAUIN.COM - Postingan Nur Aisyah di akun Facebook yang melihat keberadaan sosok harimau di gerbang Hutan Kota Arwinas di Jalan Sapta  Taruna, Kota Siak, Kabupaten Siak, membuat masyarakat cemas. 

Meski status Facebook itu menjadi polemik di masyarakat, belakangan muncul juga video di group WhatsApp berdurasi 21 detik, memperlihatkan bekas jejak diduga telapak kaki harimau. Lokasinya di dekat SMPN 2 Siak. Di belakang sekolah ini berbatasan langsung dengan Hutan Kota Arwinas.

Pantauan Riauin.com, Sabtu (21/1/2023) siang, sejumlah personil Satpol PP Siak berjaga-jaga di gerbang masuk Hutan Kota Arwinas. Di sana, sudah disiapkan kerangkeng besi, di dalamnya ada seekor ayam warna hitam sebagai umpan harimau.

Sementara, di Jalan Sapta Taruna terlihat mobil patroli pengawalan (Patwal) Polres Siak dan mobil BPBD Siak. Personil polisi mengingatkan warga yang melewati jalan agar tidak mendekati Hutan Kota Arwinas. Hutan Kota seluas 60 hektare itu kini dijaga ketat aparat keamanan.

"Kita masih menunggu pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Rencananya sore ini mau memasang perangkap harimau di dalam Hutan Kota Arwinas," kata Kepala Satpol PP Siak Hendri Derhavin kepada Riauin.com.

Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Ronal Sumaja melalui Kapolsek Siak Kompol Syafril mengaku sudah memerintahkan anggotanya untuk mendalami status Facebook yang dibuat Nur Aisyah. Kemudian, sejumlah personil juga ditugaskan untuk berjaga-jaga di sepanjang Jalan Sapta Taruna.

"Kita sedang mendalami postingan akun Facebook atas nama Nur Aisyah. Apakah ini informasi bohong (hoax) atau tidak. Ini masih diselidiki. Siang ini pihak BBKSDA sudah menyiapkan perangkap harimau, rencana nanti sore akan dipasang di Hutan Kota Arwinas," ujar Kapolsek menjawab Riauin.com.

Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan melalui Kepala Seksi Wilayah IV, Gunawan menyampaikan bahwa Jum'at malam, (20/01/2023) timnya langsung mengkonfirmasi hal tersebut kepada Nur Aisyah. Yang bersangkutan membenarkan kejadian yang dilihatnya di sisi dalam hutan kota. Namun dalam hal ini tidak ada saksi lainnya yang melihat satwa tersebut.  

Sore ini, tim BBKSDA Riau dan BPBD Siak akan melakukan survei di sekitar lokasi yang diduga sebagai lokasi perjumpaan. Saat ini telah terpasang 3 unit kamera trap di Desa Suak Lanjut dan rencana juga mau dipasang di Hutan Kota Arwinas.

"Kita imbau masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di malam hari khususnya di lokasi tempat ditemukannya jejak diduga milik satwa liar itu," jelas Gunawan.

Seperti diberitakan, Nur Aisyah warga Siak melihat sosok harimau di gerbang Hutan Kota Arwinas, sekitar pukul 21.30 WIB, Jumat (20/1/2023). Waktu itu, dia mengendarai motor dengan anaknya.

Sesampai di rumah, Nur Aisyah membuat status di akun Facebook-nya. Postingan Aisyah itu membuat warga Siak cemas. Ada yang percaya dan banyak juga yang tidak percaya dengan apa yang dilihat Nur Aisyah. Hingga berita ini diposting, sudah ratusan yang mengomentari dan membagikan status Facebook Nur Aisyah tersebut.(*)