Disnakertans Riau Lakukan Investigasi Mendalam Terkait Kecelakaan Kerja di PT PHR


Sabtu, 21 Januari 2023 - 08:12:52 WIB
Disnakertans Riau Lakukan Investigasi Mendalam Terkait Kecelakaan Kerja di PT PHR Ilustrasi/foto:via AJNN

RIAUIN.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau melakukan investigasi mendalam terkait tewasnya seorang mitra kerja di PT Pertamina Hulu Rokan areal Minas.

Kabid Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Rival Lino mengatakan, hingga saat ini Tim Pengawas Ketenagakerjaan sedang menyelidiki kasus tersebut. Pengawas Ahli Utama berada di lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP.

"Mengapa, seperti apa, apakah ini sesuai dengan laporan. Maka kawan-kawan masih melakukan proses investigasi dalam kecelakaan kerja itu," tegas Rival Lino ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jum'at sore.

Kabid Pengawasan Disnakertrans Riau, Rival Lino

Usai melakukan investigasi nantinya, tim pengawas akan menilai apakah peristiwa itu disebabkan oleh safety pekerja yang salah atau keadaan peralatan yang tidak baik.

"Kita tunggu hasil investigasinya, semoga dalam waktu tiga hari kedepan semoga tim dapat menyimpulkan langkah-langkap apa yang harus dilakukan dan menjadi report (laporan) kepada kami," tuturnya.

Terkait insiden itu, kata Rival, pihaknya turut berbelasungkawa atas peristiwa yang menimpa korban. 

"Kami turut berdukacita atas peristiwa yang menimpa korban saat bertugas di PT PHR areal Minas," pungkas Rival Lino.

Terpisah, Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Rudi Ariffianto melalui keterangan tertulisnya juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya Derikson Siregar.

Katanya, menajemen PHR bekerjasama dengan SKK Migas, Disnakertrans dan Polda Riau untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Sebagai tindak lanjut, manajemen PHR bersama SKK Migas Sumbagut, Disnaker Riau dan Kepolisian Daerah Provinsi Riau terjun ke lapangan untuk memantau dan investigasi secara menyeluruh. Serta memastikan aspek keselamatan pekerja selalu menjadi prioritas utama dalam menjalankan operasi," kata Rudi melalui pesan tertulis.

Derikson Siregar (22), korban tewas akibat kecelakaan kerja di PT PHR telah dimakamkan di tempat kelahirannya di Sumatera Utara (Sumut). Proses pemakaman korban dilaksanakan pada, Jum'at (20/1/2023) kemarin.

Untuk diketahui, Derikson Siregar adalah karyawan PT Asrindo Citraseni Satria yang dikelola oleh Asril Awaloeddin merupakan rekanan dari PT PHR.

Korban mengalami kecelakaan pada pada Rabu (18/1/2023) kemarin. Korban  mengalami luka berat pada bagian kepala dan tewas ditempat. Korban tewas diduga karena tertimpa besi POSV dari Rig 06 yang digunakan pada proses service sumur minyak bumi.-dnr