Tingkatkan SDM Generasi Muda Siak, Alfedri Perpanjang Kerjasama dengan UGM


Jumat, 20 Januari 2023 - 20:47:06 WIB
Tingkatkan SDM Generasi Muda Siak, Alfedri Perpanjang Kerjasama dengan UGM Bupati Siak Alfedri bersama Rektor UGM usai penandatanganan kerjasa di bidang pendidikan./foto:hms.

RIAUIN.COM - Bupati Siak Alfedri terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya untuk generasi muda di Kabupaten Siak. Tak hanya membangun fasilitas pendidikan yang memadai, Alfedri juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Seperti yang dilakukan Alfedri saat melakukan kunjungan kerja ke Universitas Gadjah Mada (UGM), di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (20/1/2023). 

Pemkab Siak dan UGM menyepakati perpanjangan kerjasama pengembangan SDM melalui peningkatan mutu pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan bidang lainya.

Penandatanganan dokumen kesepakatan bersama dilakukan Alfedri bersama Rektor UGM Prof Ova Emilia di Gedung Pusat Bulaksumur Kampus UGM Yogyakarta.

Prof Ova Emilia menyambut baik niat kerjasama itu. Dia mengatakan, di hari Jumat yang berkah ini, pihaknya melakukan kerjasama dengan sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Pemkab Siak.

"Atas nama pimpinan UGM, saya mengucapkan terima kasih dengan kerjasama yang dilakukan terus menerus baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kita berharap UGM semakin dekat dengan masyarakat," ujarnya.

Kerjasama yang dilakukan dengan pemerintah daerah, kata Rektor, salah satu tujuannya untuk melihat kehadiran UGM agar mampu memberikan daya ungkit dengan menyelesaikan masalah yang ada di lapangan.

"Tidak hanya peningkatan SDM, kerjasama ini juga bertujuan untuk menyelesaikan persoalan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, baik melalui penelitian dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang masih bergerak di seluruh Indonesia," kata dia.

Selain sebagai fasilitator, lanjut Rektor, universitas juga berperan sebagai manager perubahan, dengan memberikan ide-ide cemerlang ke masyarakat.

"Pemerintah daerah berperan sebagai eksekutor di lapangan. Kami sangat mendukung misi mulia ini, dengan harapan kerjasama ini bisa mewujudkan cita-cita bersama yang diharapkan," jelasnya.

Sementara itu, Alfedri menyambut baik kerjasama lanjutan dengan UGM ini. Dia berharap, kerjasama ini tetap terus dijalankan. Sebab, sangat membantu peningkatan SDM untuk generasi muda di Kabupaten Siak.

"Kami dari Kabupaten Siak sudah lama kerjasama dengan UGM dan mengirimkan mahasiswa unggulan setiap tahunnya. Sejak 2008, tercatat 156 mahasiswa UGM dari Siak yang sudah diwisuda. Kami berharap, ke depan pelaksanaan KKN bagi mahasiswa UGM ditempatkan di Kabupaten Siak," pinta Alfedri kepada Rektor.

Menurut Bupati, perpanjangan kerjasama  dengan UGM memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Siak. Terutama memberikan arah yang benar dalam hal menata pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan akselarasi percepatan pembangunan SDM generasi muda Siak.

"Atas nama masyarakat Kabupaten Siak, saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Rektor UGM yang telah menyambut baik perpanjangan kerjasama dengan Pemkab Siak ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemkab Siak dan UGM telah melakukan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta bidang lain yang disepakati, dengan jangka waktu 4 tahun, berakhir bulan Maret 2022. Hari ini kerja sama tersebut kembali diperpanjang Pemkab Siak dan UGM untuk 5 tahun ke depan, hingga 2028.(rls).