Heboh di Group WA, Warga Temukan Jejak Kaki Harimau di Suak Lanjut Siak


Selasa, 17 Januari 2023 - 18:32:22 WIB
Heboh di Group WA, Warga Temukan Jejak Kaki Harimau di Suak Lanjut Siak Diduga jejak kaki harimau yang ditemukan warga Suak Lanjut, Siak.

RIAUIN.COM - Warga Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, dihebohkan beredarnya video dan foto-foto penemuan jejak kaki harimau di RT 06 Suak Lanjut. 

Penemuan jejak kaki harimau itu ditemukan salah seorang warga, lalu disebarkan melalui group WhatsApp (WA). 

Si perekam mengatakan, jejak kaki harimau itu berasal dari semak-semak di Suak Lanjut. Malam sebelumnya, Senin (16/1/2023) sekitar pukul 03:00 WIB dini hari.

"Inilah penampakan jejak harimau yang berada di Suak Lanjut RT 06, yaitu menyeberang dari jembatan Wak Awi menuju ke arah jembatan Ujang Boat diperkirakan malam tadi sekitar jam setengah empat, saat anjing menggonggong tiada henti-hentinya. Jejak kaki harimau ini menyusuri tepian sungai Siak menuju jembatan Ujang Boat," begitu penjelasan rekaman video berdurasi sekitar 1 menit, sembari memperlihatkan jejak-jejak kaki harimau yang di share ke group WA.

Baim, salah seorang warga Siak mengaku video dan foto-foto penemuan jejak kaki harimau itu pertama kali dilihatnya di group WhatsApp BLC Bungaraya Lawyer Club. 

"Ada sepuluh lebih jejak kaki harimau yang ditemukan di Suak Lanjut. Tentu informasi ini membuat warga jadi heboh. Sejak di share ke group WhatsApp, video ini menjadi pembicaraan serius di kedai-kedai kopi.
Apakah video itu benar atau tidak, sampai sekarang belum ada penjelasan dari pihak kepolisian dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)," kata Baim warga Siak, sembari memperlihatkan video dan foto-foto penemuan jejak kaki harimau itu kepada Riauin.com, Selasa (17/1/2023) sore.

Lokasi penemuan jejak kaki harimau berdekatan dengan rumah penduduk. Bahkan, ratusan rumah warga berada di Suak Lanjut, di tepian sungai Siak. 

"Tak ada hutan di Suak Lanjut. Darimana datangnya harimau. Jangan-jangan itu bukan jejak harimau, tapi jejak kaki anjing," kata Nando, warga Siak lainnya.

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja melalui Kapolsek Siak Kompol Syafril membenarkan adanya laporan masyarakat Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak RT 06 RK 02 melihat jejak kaki diduga telapak harimau di tepian Sungai Siak.

"Saksi N (60) dan S (65) melihat jejak telapak kaki hewan tersebut. Menurut keterangan saksi, anjing menggonggong subuh hari, dan pagi harinya mereka melihat jejak telapak kaki hewan tersebut," katanya.

Kapolsek mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan penghulu setempat dan Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, atas laporan tersebut.

Sementara itu, Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan membenarkan, ada laporan penemuan jejak yang diduga Harimau Sumatera di belakang pemukiman padat penduduk.

"Tim Resort Siak berkoordinasi dengan Penghulu Kampung Suak Lanjut, untuk membenarkan informasi dan melakukan peninjauan di lokasi penemuan jejak didampingi penghulu kampung, Kanit Intel Polsek Siak, Bhabinkamtibmas Kampung Suak Lanjut dan masyarakat sekitar," kata Genman.(*)