Jajaki Kerjasama, LAMR Terima Kunjungan Yayasan Pengkaderan Anak Riau


Ahad, 08 Januari 2023 - 08:07:51 WIB
Jajaki Kerjasama, LAMR Terima Kunjungan Yayasan Pengkaderan Anak Riau

RIAUIN.COM- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menerima silaturahmi Yayasan Pengkaderan Anak Riau (Yapari) di Ruang kerja Balai Adat MKA, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (6/1/2023), pekan kemarin.

Rombongan Yapato diterima  Ketua Umum Datuk Seri HR Marjohan Yusuf, Kepala Sekretariat, M Fadli, dan Timbalan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Tarlaili, sedangkan dari Yayasan Pengkaderan Anak Riau dalam kunjungan nya diketuai Ilham Afandi.

Kedatangan Yapari ke LAMR sebagai bentuk meminta tunjuk ajar, berdikusi, dan nasehat dengan tokoh-tokoh masyarakat Riau sebelum keberangkatan ke luar negeri.

Juru bicara Yapari, Ilham Afandi menyampaikan Yayasan Pengkaderan Anak Riau (Yapari) merupakan yayasan yang didirikan anak-anak muda asal Provinsi Riau yang memiliki mimpi dan keinginan untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negri. Yayasan ini didirikan tahun 2017 lalu.

"Yayasan ini merupakan bentuk kepedulian anak anak muda Riau untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Anak-anak ini kita kuliahkan dari berbagai wilayah di Riau, terutama bagi anak keluarga kurang mampu yang ingin pendidikan ke luar negeri," ujar.

Tahun ini sebanyak 30 orang akan diberangkatkan. Mereka akan berangkat di bulan Januari dan Febuari.

"Sekarang ini ada sekitar 30 orang yang akan berangkat keluar negeri, antara lain ada ke Portugal, Libya, Belanda, Jerman, Polandia dan Rusia," jelasnya.

Untuk biaya kuliah, rata-rata dibantu oleh para senior lulusan  dari Yapari, dan sudah berjalan 5 tahun. Untuk jumlah mahasiswa sekarang yang ada di Yapari sekitar 300 sudah di luar negeri, dan 100 ada di Indonesia.

Selain dari senior mereka, biaya kuliah juga ada bantuan dari pemerintah dan perusahan asing. Kalau dari Riau biasa hanya bantuan visa ataupun tiket, dan sementara ini baru dua perusahan, yakni BRKS dan BSP.  

Dengan kedatangan ke LAMR mereka berharap dapat memberikan tunjuk ajar bagi mahasiswa yang akan berangkat ke luar negeri. Kedatangan Yapari juga diharapkan dapat menjadi jembatan kerja sama antara LAMR dan Yapri dalam dunia pendidikan di Riau.

Sementara itu, Ketum MKA Datuk Seri Marjohan Yusuf mengapresiasi kehadiran anak anak muda Riau yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. "LAMR akan jajaki kerja sama dengan Yapari, hal ini dilakukan agar anak-anak muda di Riau dapat melanjutkan pendidikan. Selain itu kita berharap bagi mahasiswa yang sudah bersekolah di sana jangan menyerah dan  putus asa, teruslah tekun dalam menempuh pendidikan," ujarnya.

Hal juga dikatakan Timbalan Ketua Umum DPH LAMR, Datuk Tarlaili  LAMR akan mencoba mencarikan solusi untuk biaya pendidikan  terutama yang akan melanjutkan ke luar negeri.

"LAMR akan mengontak  perusahan yang ada di Riau, untuk mendapatkan CSR perusahan pendidikan. Kita berharap bagi mahasiswa yang sudah selesai dapat membesarkan daerahnya, seperti peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) daerah," pungkas Datuk Tarlaili.