Buntut Eksekusi Lahan di Dayun, PT DSI dan Warga Bentrok


Kamis, 05 Januari 2023 - 20:44:48 WIB
Buntut Eksekusi Lahan di Dayun, PT DSI dan Warga Bentrok Korban bentrok dibawa ke rumah sakit dengan petugas/foto:via Mayonal

RIAUIN.COM - Usai pelaksanaan eksekusi lahan 1.300 Ha di Dayun, Kabupaten Siak, konflik antara warga pemilik lahan dengan PT Duta Swakarya Indah (DSI) belum reda. PT DSI  menurunkan sejumlah massa yang memakai seragam sekuriti dan bentrok dengan penjaga kebun warga, Kamis (5/1/2023) petang. 

Situasi di Jalan Lintas Siak -Dayun tersebut kembali mencekam. Bentrokan antara massa PT DSI dengan pihak penjaga kebun milik warga mengakibatkan sejumlah orang terluka dan dilarikan ke rumah sakit. 

Informasi yang berhasil dihimpun, sebanyak empat orang dari pihak pemilik lahan mengalami luka berat. Ke empat orang ini telah dibawa ke RSUD Tengku Rafian Siak untuk mendapatkan perawatan. 

Selain itu, juga banyak warga lainnya yang mengalami luka ringan. Di lokasi juga terlihat beberapa senjata tajam seperti parang, cangkul, dan arit. Kemudian juga tampak puluhan tongkat kayu dan broti. Bahkan disebut-sebut ada di antara pihak yang membawa ketapel modifikasi dengan anak ketapel yang seperti anak panah. 

Polres Siak cepat tanggap atas peristiwa ini. Mereka datang melakukan pengamanan. Hingga saat ini kedua pihak masih berjaga dan pihak kepolisian melakukan pengamanan ketat. 

Sebelumnya Ahli Hukum Pidana Forensik, Dr Robintan Sulaiman SH MH MA MM CLA menerangkan eksekusi lahan tersebut bisa dilakukan namun berpotensi menimbulkan masalah baru. Pertanyaan ini terbukti dengan kondisi sosial masyarakat setempat menjadi tidak aman.

Sementara itu, Kapolres Siak, Ronald Sumaja ketika dikonfirmasi belum memberikan keterangan. Pesan yang dikirim masih berstatus centang dua abu-abuabu-abu.(*)