Kota Layak Anak, Pemkab Siak Disarankan Buka Peluang Jurusan Psikologi


Kamis, 05 Januari 2023 - 19:03:10 WIB
Kota Layak Anak, Pemkab Siak Disarankan Buka Peluang Jurusan Psikologi Sujarwo.


RIAUIN.COM - Guna mendukung Kabupaten Siak sebagai salah satu Kota Layak Anak di Indonesia, sudah sepantasnya Pemkab Siak membuka jurusan psikologi saat penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2023 ini.

Mantan Calon Wakil Bupati Siak Sujarwo menyarankan, pemerintah daerah membuka peluang untuk jurusan psikologi. Sebab, keberadaan psikiater (ahli psikologi) di Pemkab Siak saat ini sangat dibutuhkan. 

"Kalau kita melihat dari kondisi yang ada,  bahwa jurusan psikologi sangat penting situasi sekarang ini. Seperti banyaknya  kasus perceraian, pencabulan, kenakalan remaja dan lainnya. Apalagi Siak termasuk Kota Layak Anak," kata Jarwo kepada Riauin.com, Kamis (5/1/2023).

Mantan anggota DPRD Siak ini berharap, pada penerimaan PPPK 2023 hendaknya membuka kesempatan bagi lulusan psikologi agar ilmunya dapat disalurkan, khususnya di Pemkab Siak.

Mencermati fenomena yang terjadi di Kabupaten Siak akhir-akhir ini, lanjutnya, seperti kasus pencabulan anak di bawah umur, pasangan yang masih sekolah menginap di hotel serta kenakalan remaja lainnya, maka perlu hal ini disikapi pemerintah dengan serius.

"Sebab, anak-anak ini butuh pendekatan psikis. Tentu keilmuan ini hanya dimiliki psikiater yang lulusan jurusan psikologi. Sudah saatnya Pemkab merekrut pegawai, baik melalui PPPK atau tes CPNS. Memperhatikan pembangunan mental generasi muda sangat penting, selain pembangunan infrastruktur dan lainnya," tegas Sujarwo.(*)