Putra Legislator Sumbar Asra Faber Wisudawan Terbaik Program Magister UIN Bukitttinggi


Kamis, 29 Desember 2022 - 20:38:17 WIB
Putra Legislator Sumbar Asra Faber Wisudawan Terbaik Program Magister UIN Bukitttinggi Habib bersama Ayahnya H Asra Faber dan Ibunya usai dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik angkatan pertama UIN Bukittinggi, Kamis (29/12/2022). | Foto : dok

RIAUIN.COM- H Fakhry Emil Habib, Lc.MA, putra anggota Komisi III DPRD Sumbar H Asra Faber, dikukuhkan menjadi wisudawan terbaik program megister (S2) Fakultas Syariah, Hukum Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi angkatan pertama tahun 2022, Rabu (28/13/2022) di Student Center Kampus UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, di Kubuang Putiah.

Habib, begitu anak sulung empat bersaudara itu akrab disapa, lulus dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4.00. "Kami sangat bangga sekali dengan keberhasilan ananda Habib," kata H Asra Faber dengan wajah haru dan suara bergetar kepada media, di sela-sela menghadiri wisuda angkatan I UIN Bukittinggi, Rabu (28/12).

Didampingi isterinya, Hafni Yendri S.Pd, Asra Faber menuturkan anak tertuanya itu memang dikenal pintar dan cerdas. Pada tahun 2015 Fakhry Emil Habib menjadi lulusan terbaik 1 mahasiswa Indonesia di Al Azhar University, Kairo Mesir. Karena itu Habib diberi penghormatan untuk memberikan sambutan dari wisudawan. "Sayang waktu itu kami tidak bisa hadir," ungkap Asra Faber.

Jauh sebelum itu, suami Ulfa Nailatul Fadilla dan ayah dari Kirana Syarifatun Nisa ini memang sejak sekolah di Pondok Pasantren Sumatera Thawalib Parabek Agam-Bukittinggi, sudah dikenal ceria dan mudah bergaul dengan siapa saja.

"Di Parabek, Habib bahkan sudah terlihat jiwa kepemimpinannya dengan dipercaya sebagai Ke­tua OSIM," ungkap Asra Faber.

Dan kepiawaan Habib, tidak saja di Thawalib Parabek, saat kuliah di Al Azhar University Mesir Kairo, diri­nya juga diamanahkan  menjadi Wakil Presiden Mahasiswa Pelajar Mesir.

Tidak hanya pintar dan cerdas di bangku pelajaran, kakak kandung dari Fakhry Mar-I  Fathaniy, Fakhry Ulil Hazhizh, dan Emier Fathoniy Ejieb ini, juga piawai di lapangan dan kaya dengan berbagai pengalaman.

Di antaranya, pernah jadi mahasiswa yang melayani para tamu “Wakil Presiden Indonesia” para pejabat yang berkunjung ke Mesir dan Para Ulama seperti  Aa Gim, UAS dan ulama lainnya.

Selain itu dia juga fasih berbahasa Arab dan Inggris. Dan kini sedang mendalami bahasa Prancis. "Kami sangat bangga sekali, dia tidak hanya pandai tetapi juga fasih berbahasa Arab, Inggris dan sedang mendalami bahasa Prancis,” tutur H Asra Faber.

Dirinya, tidak hanya mampu membuat orangtuanya bangga, tetapi juga menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada ibu-bapaknya. Kini Habib, tidak hanya menjadi milik orangtua, istri dan anaknya tetapi sudah menjadi milik ummat dengan ilmu-ilmu agamanya.

Habib, yang sudah dikenal di Indonesia dengan ceramah agamanya, baik langsung di hadapan jemaah dari masjid ke masjid, maupun melalui kanal You Tube miliknya. Dirinya, menjadi tempat bertanya bagi ummat terkait berbagai persoalan seputar agama dan kehidupan. Meski masih sangat muda, Habib sudah menjadi suluh di tengah gelap yang menerangi umat pada kebaikan di tengah tantangan zaman yang beragam ini.

”Terimakasih kepada keluarga kami dan keluarga bapak Jack Petto, para alim dan orang orang baik yang ikut mengantar anak kita meraih ilmu. Semoga ilmunya bermanfaat untuk um­mat. Teruslah menuntut ilmu, dan jadilah pribadi yang rendah hati, dan di­senangi semua orang,” harap H Asra Faber.

Mantan Kepala kemenag Padangpanjang, Agam dan Kota Payakumbuh ini berharap agar Habib meniru sifat padi, makin berisi makin menunduk. “Jauhi rasa sombong, merasa paling benar dan hebat. Tirulah sifat Padi, makin berisi makin menunduk," harap legislator DPRD Sumbar tersebut.

Setelah pasca-sarjana ini, Habib rencananya akan mengambil program doktor di luar negeri sambil bekerja di salah satu Kedutaan Indonesia. "Insha Allah, dia akan ambil S3 di luar negeri, sambil bekerja di salah satu kedubes RI," ujar Asra. ***