RSUD Puri Husada Imbau Warga Inhil Rutin ke Fasyankes


Senin, 12 Desember 2022 - 15:19:18 WIB
RSUD Puri Husada Imbau Warga Inhil Rutin ke Fasyankes

RIAUIN.COM- Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan dr Saut Pakpahan mengimbau warga Kabupaten Indragiri Hilir rutin memeriksakan kesehatannya ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di masing-masing wilayah. Hal itu disampaikan melalui Ketua Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Astika Kusuma Dewi SKM disela-sela menghadiri kegiatan di Tembilahan, belum lama ini.

Dikatakan, cek kesehatan idealnya dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini, sehingga bisa mendeteksi penyakit dan melakukan berbagai upaya pencegahannya sedini mungkin.

"Cek kesehatan secara rutin ini bermanfaat untuk memudahkan deteksi penyakit atau masalah kesehatan sejak dini," ujar Astika.

Dijelaskan, selama ini kesehatan sering kali dianggap remeh oleh sebagian masyarakat. Padahal, kesehatan yang baik sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan suatu daerah, bahkan negara.

Oleh karena itu, perubahan harus dilakukan dengan perencanaan yang sistematis dan terstuktur dengan baik, sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan dan perbaikan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan ini juga berfungsi untuk menentukan asupan makan yang diperlukan atau dihindari, perbaikan pola hidup dan perbaikan lainnya pada tubuh yang mengacu pada hasil pemeriksaan kesehatan.

Cek kesehatan secara rutin juga bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik seseorang secara umum, dari luar dan dalam, sehingga diketahui status kesehatan seseorang dan dapat mendeteksi penyakit lebih dini.

Semakin dini suatu penyakit terdeteksi, maka semakin cepat pertolongan yang dapat diberikan. Dengan begini, penyakit tidak berlanjut ke tahap yang lebih serius, sekaligus mencegah pertolongan yang lebih rumit. ***