advertorial

Masyarakat Inhil Senam Osteoporosis Bersama RSUD Puri Husada


Ahad, 18 Desember 2022 - 00:31:59 WIB
Masyarakat Inhil Senam Osteoporosis Bersama RSUD Puri Husada

RIAUIN.COM- Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diajak untuk terus bergerak dan melakukan olahraga secara rutin serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan vitamin.

Ajakan tersebut disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan dr Saut Pakpahan melalui Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Irianto SpPD sebagai salah satu upaya menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan bugar.

"Kita harus rajin berolahraga dan memakan makanan yang sehat, termasuk vitamin khususnya vitamin D agar tulang tidak keropos saat lanjut usia (Lansia) dan tidak mengalami Osteopotosis," ujarnya di Tembilahan, kemarin.

Dijelaskan, salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk upaya pencegahan tulang keropos adalah dengan melakukan Senam Osteoporosis, seperti yang saat ini sudah mulai digalakkan di tengah-tengah masyarakat oleh Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Kabupaten Inhil.

"Mari bersama-sama kita lakukan Senam Osteoporosis di tempat kita masing-masing, dalam rangka mencegah terjadinya Osteoporosis. Bagi yang sudah rutin melakukannya dan merasakan manfaat dari senam ini ajak juga keluarga dan teman-temannya, supaya semua bisa merasakan manfaatnya dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita," ajak Irianto.

Apalagi, lanjutnya, saat ini problem tulang-tulang rapuh cukup banyak di Indonesia, termasuk di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia.

"Jadi, sedini mungkin kita sudah harus membudayakan untuk memperhatikan kesehatan tulang kita. Karena pembentukan tulang itu sebenarnya dari kecil, dari kandungan, maka harus dijaga," pesan Irianto.

Terakhir, dr Irianto mengingatkan seluruh masyarakat yang sudah memasuki masa tua agar rutin menjaga kesehatannya, selain melakukan olahraga, juga didukung dengan memakan makanan yang mengandung calcium.

"Minum susu, makan ikan dan sayur. Jangan lupa sering-sering berjemur dan bergerak juga. Tulang merupakan investasi kita untuk di masa tua, karena tulang yang terbentuk dari kecil akan lebih kuat di usia tua. Apalagi sekarang ini wanita yang memasuki masa menopause harus menjaga tulang agar terhindar dari Osteoporosis," imbuhnya. -adv