Anies Baswedan ke Riau, Haters Dinilai Norak


Ahad, 04 Desember 2022 - 20:06:49 WIB
Anies Baswedan ke Riau, Haters Dinilai Norak Anis Baswedan/foto:Radar Bali

RIAUIN.COM - Baru-baru ini santer diberitakan bahwa kedatangan Anies Baswedan ke Pekanbaru, Riau mendapat penolakan dari berbagai kalangan.

Bahkan, pada Jum'at (2/12/2022) lalu, sekelompok orang yang mengatasnamakan sebagai mahasiswa menggelar aksi unjukrasa di depan kantor KPU Riau Jalan Gajahmada, Pekanbaru.

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko) HMI Riau dan Kepulauan Riau, Wiriyanto Aswir mengatakan, adanya gerakan penolakan terhadap kedatangan Anies Baswedan membuat gerah sejumlah pemerhati sosial dan elemen pemuda di Riau. 

Wiriyanto sangat menyayangkan adanya gerakan seperti itu di Riau. Selain dinilai norak, juga tidak memahami kultur orang Riau itu sendiri yang terbuka kepada pendatang. Selain itu masyarakat Melayu Riau memegang teguh prinsip-prinsip kekeluargaan dan kebhinekaan.

"Jadi sekali lagi siapapun bisa dan tentu saja boleh bersosialisasi dan bersilahturahmi di Bumi Melayu ini. Apalagi agenda sosialisasi yang kini dilakukan oleh Anies Baswedan. Seharusnya yang mengatasnamakan mahasiswa tersebut berpikir jernih," katanya Minggu, (4/11/2022) malam.

Menurutnya, semakin banyak tokoh yang datang ke Bumi Lancang Kuning seharusnya bisa diterima dan dapat sebagai tempat bertukar pikiran bersama.

"Ini malah tamu hadir dihujat dan diberikan tuduhan macam-macam, seperti berpolitik identitaslah atau memecah belah persatuan dan persatuan. Memecah belah yang mana ya?," tegasnya.

Ia menjelaskan, selain kultur Budaya Melayu yang ramah dan terbuka, peran keislaman dan kebhinekaan perlu sekali diresapi oleh kaum muda Indonesia, wabil khusus pemuda Riau.

"Semangat moderat ini yang perlu sekali ditumbuh kembangkan agar tidak tegiur hasut dan hasad yang buat gerakan-gerakan blunder yang justru kontraproduktif," tuturnya.

Untuk diketahui, Anies Baswedan datang ke Riau dalam rangka rangkaian rapat akbar Calon Presiden (Capres) dari Partai Nasdem pada Minggu, (4/12/2022). Selain itu Anies juga dijadwalkan menghadiri Deklarasi Relawan Perubahan di Hotel Prime Park pad Senin (5/12/2022) besok.

Sebelum kedatangan Anies, Koalisi Mahasiswa Peduli Demokrasi (KMRPD) menggelar unjukrasa di kantor KPU Riau di Jalan Gajahmada dan kantor Bawaslu Provinsi Riau, Jalan Adi Sucipto Pekanbaru.

Mereka membawa spanduk dan poster yang bertuliskan penolakan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginjakkan kaki di Bumi Lancang Kuning.

Mereka menilai, Anies telah curi start dalam kampanye pemilu. Kehadiran bakal calon Presiden 2024 yang diusung Partai NasDem itu dikhawatirkan akan memecahkan kedamaian dan ketentraman masyarakat Riau.

"Anies Baswedan ini selalu membawa politik identitas. Ini dikhawatirkan akan menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat Riau yang sudah hidup secara damai dan tenteram," kata Koordinator Umum KMRPD Ahmad Rinaldi Hasibuan, Jumat (2/12/2022), mengutip Cakaplah.

Terpisah, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Provinsi Riau, Dedi Harianto Lubis, mengatakan penolakan itu bagian dari hak demokrasi seseorang dalam konteks bernegara. 

"Kami biasa saja. Penolakan itu biasa dalam berdemokrasi. Ini kan hak demokrasi seseorang juga," ujar Dedi melansir Riauonline. 

"Biasa lah itu, orang dalam musim politik ini salat saja bisa diklaim berpolitik," sambung Dedi.-dnr