Galeri Foto

Hari HIV Aids Sedunia, Dinkes dan KPA Inhil Gelar Aksi Simpatik


Kamis, 01 Desember 2022 - 17:10:58 WIB
Hari HIV Aids Sedunia, Dinkes dan KPA Inhil Gelar Aksi Simpatik

RIAUIN.COM- Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama Komisi Penanggulangan Aids (KPA) menggelar aksi simpatik dalam rangka memperingati Hari HIV Aids Sedunia, Kamis (1/12/2022).  

Aksi simpatik ini dilakukan di dua titik, yakni di simpang 4 Jalan M. Boya di depan Kantor Dinas Kesehatan dan di simpang 4 lampu merah M. Boya dengan memberikan pita, stiker dan brosur tentang bahaya HIV Aids.

Sekretaris KPA Inhil, H Umar Pulungan yang hadir dalam aksi simpatik ini menjelaskan peringatan hari Aids sedunia ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sudah banyaknya korban saat ini.

"Bukan hanya indonesia, diluar negeri juga banyak korban yang terinfeksi HIV Aids," jelas Umar.

Lanjut Umar, aksi simpatik ini dilaksanakan agar masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir lebih mengetahui secara luas tentang bahaya HIV Aids dan pencegahan.

"Di Kabupaten Indragiri Hilir kita terus melakukan penyuluhan-penyuluhan, dari data kita sejak 2010 hingga sekarang ada 300 masyarakat Inhil yang tertular HIV, dan itu terus kita jaga," bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan melalui Kabid P2P, Devi Natalia menjelaskan Bentuk pencegahan HIV AIDS yang paling utama adalah dengan mengetahui cara penularan HIV AIDS.

HIV dapat pula ditularkan melalui kontak darah dengan darah dan kontak langsung antara selaput lendir maupun luka yang terbuka dengan cairan tubuh, seperti darah, ASI, air mani, atau cairan vagina yang terinfeksi. Misalnya mulut, hidung, vagina, rektum, dan bukaan penis dengan orang penderita HIV.

Pada intinya, penularan penyakit HIV disebabkan karena adanya pertukaran cairan tubuh antara orang yang terinfeksi dengan orang yang sehat. -gft