Advertorial

Warga Binaan Lapas Tembilahan Ikuti Screning HIV Aids Dinkes Inhil


Jumat, 02 Desember 2022 - 16:32:13 WIB
Warga Binaan Lapas Tembilahan Ikuti Screning HIV Aids Dinkes Inhil

RIAUIN.COM- Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tembilahan mengikuti screning HIV Aids yang digelar Dinkes Inhil, Kamis (1/12/2022). Kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari HIV Aids sedunia sebagai upaya menjaga kesehatan sedini mungkin warga binaan di sana.

Tidak hanya screning, pada kesempatan itu juga digelar penyuluhan oleh dokter Ice Indrianti.

Kalapas Tembilahan, yang diwakili Kasi Binadik, Alan mengucapkan terimaksih atas kegiatan yang dilaksanakan pada warga binaan. Ia menjelas untuk sasaran pemeriksaan ini ditujukan pada warga binaan baru.

"Untuk pemeriksaan ini dilakukan pada 100 warga binaan, mereka ini warga binaan yang baru masuk," jelas Alan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan yang diwakiki Plt Sub Koordinator P3M, Fahrul Rizal mengatakan screning ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari HIV Aids sedunia dengan tujuan mendeteksi dini penularan HIV Aids.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini bila ada warga binaan yang tertular HIV," jelas Fahrul.

Fahrul menghimbau bagi para pelaku yang beresiko dalam penularan HIV untuk tidak malu memeriksakan diri, sebagai langkah pencegahan dini.

"Kalau kita mempunyai prilaku beresiko tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri, apabila ditemukan dapat dicegah penyebarannya," pungkasnya.

Dalam mensukseskan kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan turun bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas Gajah Mada serta Puskesmas Tembilahan Hulu.