Serentak Tabuh Gendang, Ketum PB ISSI, Gubri, Kapolda dan Bupati Siak Buka Tour de Siak 2022


Kamis, 01 Desember 2022 - 22:35:24 WIB
Serentak Tabuh Gendang, Ketum PB ISSI, Gubri, Kapolda dan Bupati Siak Buka Tour de Siak 2022 Tour de Siak resmi dibuka./foto:nal.

RIAUIN.COM - Ketua Umum PB ISSI Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo diwakili Wakil Ketua Bidang Hukum PB ISSI Brigjen Pol Suyudi Aryo Seto secara resmi membuka iven balap sepeda bertaraf internasional Tour de Siak (TdS) ke-8 tahun 2022, di depan Istana Siak, Kamis (1/12/2022) malam.

Bersama Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kapolda Riau Irjen M Iqbal, Bupati Siak Alfedri, Wakil Bupati Siak Husni Merza, dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Suyudi  menabuh gendang tanda dibukanya iven tahunan kebanggaan masyarakat Siak ini. Pesta kembang api mewarnai pembukaan TdS tersebut. Ribuan warga tumpah ruah memadati lapangan depan Istana Siak.

Dalam sambutannya, Sayudi menyampaikan pesan Ketua Umum PB ISSI Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo agar Kapolda dan Kapolres di setiap daerah bekerjasama dengan pemerintah untuk mendukung kegiatan balap sepeda.

"Pak Ketum PB ISSI yang juga Kapolri mengarahkan Kapolda menjadi unsur pembina PB ISSI di provinsi dan Kapolres di kabupaten. Kemudian, bersama pemerintah daerah mendukung kegiatan balap sepeda," kata Sayudi.

Dia berharap, pelaksanaan TdS tahun 2022 ini dapat dimanfaatkan pemerintah daerah untuk kembali mempromosikan sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat, pasca pandemi Covid-19.

"Semoga TdS tahun ini memberi berkah untuk sektor pariwisata Riau, khususnya Siak. Dan ekonomi masyarakat kembali menggeliat, pasca pandemi Covid-19 melanda negara kita sejak awal tahun 2020 lalu," jelasnya.

Sementara itu, Gubri Syamsuar berjanji pelaksanaan TdS tahun depan lebih meriah lagi. Bahkan, Pemprov Riau berencana untuk menambah lintasan balapan (etape) ke sejumlah kabupaten, seperti Kampar, Dumai dan Bengkalis.

"Beberapa waktu lalu kita sukses menggelar Tour de Muara Takus di Kampar. Tahun ini TdS melewati Siak, Pelalawan dan Pekanbaru. Tahun depan kita tingkatkan lagi ke Kampar, Dumai dan Bengkalis," ujar Syamsuar.

Mantan Bupati Siak 2 periode ini menjelaskan, kegiatan TdS merupakan salah satu upaya Pemprov Riau untuk mendorong sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat, pasca pandemi Covid-19.

"Saya ucapakan terima kasih kepada Pak Kapolda beserta jajarannya yang sejak awal terus membantu kegiatan TdS ini. Semoga TdS ini memberi manfaat bagi masyarakat dan pariwisata Riau semakin terkenal," ujar Syamsuar.

Bupati Siak Alfedri menjelaskan, TdS tahun ini merupakan ke-8 sejak dimulai 2013 lalu. Meski sempat vakum tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19, TdS kembali digelar tahun 2022.

"Bahkan, TdS tahun ini kita bekerjasama dengan Pemprov Riau. Etape yang dilewati pebalap juga berbeda dari TdS sebelumnya. Sebab, etape 2 start dari depan Istana Siak dan finish di depan Kantor Gubernur Riau di Kota Pekanbaru," jelas Alfedri.

Dikatakannya, TdS tahun ini diikuti 13 team dari 5 negara, yakni Singapura, Filipina, Malaysia, Brunai Darussalam dan tuan rumah Indonesia.

TdS tahun ini, lanjut Alfedri, berlangsung sebanyak 3 etape. Dimana, etape 1 pebalap mengelilingi Kota Siak dengan jarak tempuh 85 km. Selanjutnya etape 2, pebalap mulai start di depan Istana Siak menuju Kota Pekanbaru sejauh120 km. Kemudian etape 3 mengelilingi Kota Pekanbaru, jarak tempuh 110 km. 

Usai pembukaan, ribuan warga yang menghadiri acara pembukaan TdS 2022 tampak tumpah ruah dan bersuka cita menikmati sejumlah lagu dari Group Band Repvblik serta aksi kocak Group Orkestra Melayu Lebah Bergantung yang terkenal dengan lagu Udin. Sekitar pukul 23.00 WIB rangkaian acara pembukaan TdS tahun 2022 selesai, warga pun pulang dengan tertib ke rumah masing-masing.(nal)